Selamat Datang

Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak diantara 5º50`- 7º50` Lintang Selatan dan 104º 48`- 108º 48` Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Datang dan nikmati keindahan alam Jawa Barat!



Berita
Sukageuri View di Kuningan
08-03-2021 Disparbud 6 baca

By the way, ada yang pernah ke Sukageuri View di Kuningan ngga nih??
?
Tempatnya asik banget deh untuk nongkrong bareng temen-temen, udaranya sejuk mirip-mirip di Dago atas gitu, kalo ke Kuningan jangan lupa mampir kesini yaah, guys?
?
Yuk! Kita berdoa supaya pandemi ini bisa segera berakhir, dan kita bisa kembali berwisata seperti sediakala!? selengkapnya
Sosialisasi Borongdong.id di Lingkungan Disparbud Jabar
08-03-2021 Disparbud 11 baca

Sosialisasi Borongdong.id di Lingkungan Disparbud Jabar

Sejumlah pegawai di lingkungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menghadiri sosialisasi program Borongdong.id. Kegiatan ini diadakan di Ruang Rapat Gedung Disparbud, Jumat 5 Maret 2021.

Berbagai hal dijelaskan Ali Bagus selaku CEO Borongdong mulai dari registrasi, cara pemesanan, dan cara pembayaran. Dengan adanya Borongdong.id, diharapkan mampu menghidupi kegiatan UMKM yang sempat terpuruk akibat pandemi.
selengkapnya
Kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkab Cianjur Benahi Aset Destinasi Wisata
08-03-2021 Disparbud 11 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Cianjur, Kamis 4 Maret 2021.

Dalam kunjungannya kali ini, Kadisparbud berkesempatan untuk meninjau aset wisata yang dimiliki Pemkab Cianjur yaitu Hutan Kota Cianjur (Hukoci), Kampung Budaya Padi Pandanwangi, dan Taman Prawatasari Cianjur. Kadisparbud juga bertemu dan membahas beberapa hal bersama Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman yang didampingi Plt. Kadisparpora Cianjur, Sekretaris Disparpora Cianjur, serta Kepala Bidang Destinasi Wisata.
selengkapnya
Babalonan Sarung
08-03-2021 Disparbud 2 baca

Babalonan Sarung adalah salah satu permainan tradisional Jawa Barat yang dimainkan oleh anak-anak zaman dahulu ketika sepulang mengaji. Permainan ini sangat sederhana namun tetap menyenangkan lho baraya. Anak-anak tinggal mengaitkan sarung pada pundak, lalu sarung dilemparkan ke udara sehingga membentuk lingkaran yang sempurna.

Yuk kita kenalkan permainan ini ke generasi milenial agar bisa terus dilestarikan.

Sumber informasi: cakrawalanusantaranews.wordpress.com dan disdik.jabarprov.go.id
selengkapnya
Seni Topeng Jigprak
08-03-2021 Disparbud 4 baca

Seni Topeng Jigprak muncul pada tahun 1980 di Desa Situ Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Menurut sang kreator, Nasan Sujana alias Abah Jana, Topeng Jigprak berasal dari 3 unsur perpaduan budaya.

Pertama adalah nyarungsa yang diambil dari permainan anak zaman dulu. Kedua adalah ngadongeng yang divisualisasikan menjadi seni drama atau teater. Ketiga adalah pangabaran atau ilmu kebatinan yang dipadukan menjadi seni atraksi.
selengkapnya
Gubernur Jawa Barat Resmikan West Java Calendar of Event 2021 dan Theme Song Smiling West Java
04-03-2021 Disparbud 67 baca

Gubernur Jawa Barat Resmikan West Java Calendar of Event 2021 dan Theme Song Smiling West Java

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat resmi merilis Calendar of Events (CoE) 2021. Kegiatan yang sudah dinantikan ini digelar di Trans Luxury Hotel, Bandung, Rabu 3 Maret 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno @sandiuno berharap CoE tahun ini bisa turut memulihkan kondisi di Jawa Barat yang sempat terpuruk akibat Covid-19. Diharapkan juga berbagai kegiatan yang ada dapat memberi dampak positif untuk masyarakat.
selengkapnya