Selamat Datang

Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak diantara 5º50`- 7º50` Lintang Selatan dan 104º 48`- 108º 48` Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Datang dan nikmati keindahan alam Jawa Barat!



Berita
Disparbud Jabar Laksanakan Monitoring Prokes di Trans Snow World Bekasi
10-05-2021 Disparbud 248 baca

Dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 dalam masa peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442H, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melaksanakan monitoring protokol kesehatan di destinasi wisata Trans Snow World Bekasi, Minggu 9 Mei 2021.

Untuk proses pelaksanaan Tes Swab Antigen dan Mass Tracing QR Code, Disparbud Jabar bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, serta dibantu oleh tim manajemen Trans Snow World Bekasi.
selengkapnya
Disparbud Jabar Monitoring Prokes ke Pemandian Air Panas Cikundul Sukabumi
10-05-2021 Disparbud 247 baca

ebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 jelang libur lebaran, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengadakan monitoring protokol kesehatan di destinasi wisata Pemandian Air Panas Cikundul, Sukabumi, Minggu 9 Mei 2021.

Berdasarkan informasi yang didapat, Pemandian Air Panas Cikundul tidak beroperasi selama bulan Ramadhan. Meski demikian, pengelola tetap melakukan perawatan terhadap fasilitas yang ada seperti membersihkan mesin pompa, menguras kolam, serta membenahi protokol kesehatan yang masih kurang baik. selengkapnya
Disparbud Jabar Cek Kesiapan Protokol Kesehatan di Kebun Binatang Bandung
10-05-2021 Disparbud 246 baca

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melakukan monitoring ke Kebun Binatang Bandung, Minggu 9 Mei 2021. Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan protokol kesehatan jelang libur Idul Fitri 1442H.

Dari pengamatan tim, Kebun Binatang Bandung memiliki kelengkapan prokes mulai dari tempat cuci tangan, sabun, hingga pengecekan suhu tubuh. Pada kesempatan ini juga dilakukan pemasangan baner QR Code untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang. selengkapnya
Jelang Libur Lebaran, Disparbud Jabar Monitoring Prokes di Sari Ater Kabupaten Subang
10-05-2021 Disparbud 247 baca

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengecek pelaksanaan protokol kesehatan di destinasi wisata Sari Ater, Kabupaten Subang, Minggu 9 April 2021. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 jelang libur Idul Fitri 1442H.

Disparbud Jabar bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Subang, Satpol PP Kabupaten Subang, Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, serta puskesmas setempat. Sejauh ini destinasi wisata Sari Ater masih terlihat sepi pengunjung. Meski begitu pengecekan kesiapan protokol kesehatan tetap dilakukan dan sebagai salah satu bentuk antisipasi penyebaran Covid-19, diadakan kegiatan tes swab antigen.
selengkapnya
Cegah Penyebaran Covid-19, Disparbud Jabar Monitoring ke Destinasi Wisata di Sukabumi
10-05-2021 Disparbud 251 baca

Berbagai upaya terus dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat untuk mencegah penyebaran Covid-19 jelang libur Idul Fitri 1442H. Monitoring protokol kesehatan dilakukan ke sejumlah destinasi wisata, contohnya seperti di Citimall Sukabumi dan Situ Gunung, Sabtu 8 Mei 2021.

Disparbud Jabar sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi untuk mengadakan kegiatan Tes Swab Antigen di pusat perbelanjaan Citimall Sukabumi. Dari 65 sampel, 63 orang dinyatakan negatif dan dua lainnya positif. Mereka yang positif merupakan warga Kabupaten Cianjur sehingga data yang didapat langsung diserahkan kepada Dinas Kesehatan Cianjur untuk selanjutnya ditindaklanjuti.
selengkapnya
Kadisparbud Monitoring Prokes di Destinasi Wisata Kawah Putih
10-05-2021 Disparbud 18 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ melakukan monitoring pelaksanaan protokol kesehatan pada destinasi wisata dan usaha pariwisata di Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Sabtu 8 Mei 2021. Hal ini merupakan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 jelang libur Idul Fitri 1442H.

Kadisparbud mengatakan perlunya pemantauan terhadap penerapan protokol kesehatan, pembatasan jumlah pengunjung, dan pembatasan jam operasional di destinasi wisata, hotel, pusat perbelanjaan, serta rumah makan. Ini dilakukan sesuai dengan level kewaspadaan daerah masing-masing.
selengkapnya