Selamat Datang

Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak diantara 5º50`- 7º50` Lintang Selatan dan 104º 48`- 108º 48` Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Datang dan nikmati keindahan alam Jawa Barat!



Berita
Kadisparbud Jabar Ajak Semua Pihak Bersinergi Memajukan Kebudayaan Jawa Barat
08-12-2021 Disparbud 12 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Arkeologi 2021 dengan tema Indonesia Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGS 2030. Seminar ini diselenggarakan secara virtual oleh Balai Arkeologi Jawa Barat, Selasa 7 Desember 2021.

Pada kesempatan ini, Kadisparbud menyampaikan materi tentang Pengelolaan Cagar Budaya untuk Pembangunan Jawa Barat. Poin pertama yang disampaikan adalah terkait kebijakan cagar budaya Provinsi Jawa Barat yang berlandaskan kepada Undang-undang No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, perlindungan cagar budaya yang dimuat dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2010, serta pengelolaan cagar budaya dalam kerangka RPJMD Provinsi Jawa Barat.
selengkapnya
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Mendapat Predikat Informatif Dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat
08-12-2021 Disparbud 16 baca

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mendapat predikat informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan wangsaatmaja @swangsaatmaja kepada Kadisparbud Jabar Dedi Taufik @deditaufik_ di Aula Barat Gedung Sate, Senin 6 Desember 2021.

Acara ini diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat sebagai puncak dari kegiatan monitoring dan evaluasi penerapan keterbukaan informasi pada badan publik di Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil @ridwankamil yang turut hadir secara langsung memberi apresiasi kepada institusi di Jawa Barat yang telah berhasil meraih anugerah keterbukaan informasi publik.
selengkapnya
Disparbud Jabar dan Pemkab Bandung Barat Sambut Baik Inovasi Pemulihan Ekonomi Sektor Pariwisata
06-12-2021 Disparbud 32 baca

Disparbud Jabar dan Pemkab Bandung Barat Sambut Baik Inovasi Pemulihan Ekonomi Sektor Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ diwakili Sekretaris Dinas Andrie Kustria Wardana @andriekw menghadiri kegiatan Peresmian Pemulihan Ekonomi di Sektor Pariwisata melalui Cashless Payment. Acara tersebut diselenggarakan oleh PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GOJEK) di The Great Asia Africa, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 3 Desember 2021.
selengkapnya
Peresmian Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat
06-12-2021 Disparbud 28 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ turut hadir dalam acara peresmian Monumen Pahlawan Covid-19 Jawa Barat di Jalan Japati Kota Bandung, Sabtu 4 Desember 2021. Monumen ini diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin @kyai_marufamin .

Pembangunan monumen ini didedikasikan untuk para tenaga kesehatan serta ASN di Jawa Barat yang telah berpulang saat bertugas menangani covid, juga sebagai bentuk penghormatan serta kekuatan untuk meneruskan perjuangan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil @ridwankamil menilai momen ini sebagai ungkapan terima kasih kepada mereka yang telah berjuang dan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain.
selengkapnya
Pemprov Jabar Sampaikan Strategi Pencegahan Ancaman Gelombang Ketiga Pandemi saat Libur Nataru
06-12-2021 Disparbud 22 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ memenuhi undangan untuk menjadi narasumber pada diskusi Kantor Staf Presiden (KSP) Mendengar. Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Grand Aquila, Kota Bandung, Jumat 3 Desember 2021.

Kadisparbud menyampaikan sejumlah poin penting terkait strategi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga pandemi Covid-19. Selain itu dijelaskan pula langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penerapan protokol kesehatan khususnya di tempat wisata.
selengkapnya
Disparbud Jabar Dukung Tim BPKP Jabar Evaluasi CHSE di Kabupaten Garut
03-12-2021 Disparbud 41435 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ diwakili Sekretaris Dinas Andrie Kustria Wardana @andriekw serta didampingi Kepala Seksi Pengembangan Kemitraan Melinda @kiki_melinda_rizki menerima kunjugan Tim Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP) Provinsi Jawa Barat di Ruang Gallery Disparbud Jabar, Kamis 2 Desember 2021. Kegiatan ini ditujukan untuk mendiskusikan evaluasi sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) di Jawa Barat.

Disparbud jabar saat ini sudah menyiapkan data 1.583 sertifikasi CHSE di 27 kab/kota se-Jawa Barat. Dalam waktu dekat, tim dari BPKB akan mengevaluasi data sertifikasi tersebut di Kabupaten Garut yang akan berlangsung 10 hari. Berdasarkan data, di Garut sudah ada 71 tempat usaha yang memiliki sertifikat CHSE. Sertifikasi CHSE ini menjadi suatu kebutuhan di masa pandemi karena menjadi jaminan keamanan bagi masyarakat.
selengkapnya