Selamat Datang

Provinsi Jawa Barat secara geografis terletak diantara 5º50`- 7º50` Lintang Selatan dan 104º 48`- 108º 48` Bujur Timur, dengan luas wilayah daratan 3.710.061,32 hektar. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis, dengan kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional, serta memiliki prilaku sosial yang berfalsafah pada silih asih, silih asah, silih asuh, yang secara harfiah berarti saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasuh diantara warga masyarakat. Datang dan nikmati keindahan alam Jawa Barat!



Berita
Kadisparbud Jabar Hadiri Audiensi Forkopimda Provinsi Jawa Barat
09-04-2021 Disparbud 13 baca

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ mengikuti kegiatan audiensi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Barat melalui zoom meeting di ruang Gallery Disparbud Jabar, Kamis, 8 April 2021. Audiensi ini dipimpin oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi.

Dalam audiensi ini Kadisparbud Jabar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melakukan langkah-langkah dalam rangka pemulihan ekonomi. Salah satunya adalah skema buy the service yang diharapkan dapat didukung oleh Menteri Perhubungan.
selengkapnya
Kesultanan Cirebon
08-04-2021 Disparbud 16 baca

Kesultanan Cirebon didirikan di dalem agung pakungwati sebagai pusat pemerintahan negara islam kesultanan Cirebon, letak dalem agung pakungwati saat ini menjadi “Keraton Kesepuhan”. Kesultanan Cirebon merupakan Kesultanan yang memiliki suatu kebudayaan yang khas tersendiri , kebudayaannya tidak didominasi oleh kebudayaan Jawa maupun kebudayaan Sunda . Menariknya lagi pangkalan penting yang menghubungkan jalur perdagangan antar pulau yaitu Kesultanan Cirebon. selengkapnya
Disparbud Jabar Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Pemandu Wisata Alam (Balawista)
08-04-2021 Disparbud 17 baca

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar pelatihan untuk pemandu wisata alam dan balawista yang berlangsung di Pangandaran dari 6-9 April 2021. Pada kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dedi Taufik diwakili Rispiaga selaku Kepala Seksi Pengembangan Wisata Alam dan Buatan.

Program ini diadakan melalui Dana Alokasi Khusus Nonfisik (DAK Nonfisik) yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk penyelenggaraan pelatihan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata.
selengkapnya
Keluarga Besar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Dr. H. Dedi Taufik, M.Si sebagai Komisaris Bank BJB. Semoga beliau dapat membawa kemajuan dan senantiasa amanah dalam menjalankan tugas.
08-04-2021 Disparbud 16 baca

Keluarga Besar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Dr. H. Dedi Taufik, M.Si sebagai Komisaris Bank BJB.

Semoga beliau dapat membawa kemajuan dan senantiasa amanah dalam menjalankan tugas. selengkapnya
Gelar Produk Ekonomi Kreatif Jawa Barat
08-04-2021 Disparbud 21 baca

Dalam rangka pemulihan ekonomi kreatif dan mendukung gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia, Disparbud Jabar bekerjasama dengan Dekranasda Jabar mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk bergabung dalam kegiatan “Gelar Produk Ekonomi Kreatif Jawa Barat 2021” dengan tema Pemulihan Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi, yang akan dilaksanakan pada;

Hari/Tanggal : Jumat - Sabtu, 9 - 10 April 2021
Tempat : Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Jl. Ir. H. Djuanda No. 19 Bandung
Pukul : Jumat, 14.30 - 17.00 WIB
Sabtu, 07.30 - 12.00 WIB

Akan ada Showcasing Produk dari para pelaku ekonomi kreatif Jawa Barat.
Selain itu ada sharing session ekonomi kreatif Jawa Barat dengan pemateri :
selengkapnya
Gua Sinjang Lawang
07-04-2021 Disparbud 19 baca

Tahukah kalian bahwa Pangandaran tidak hanya memiliki pesisir pantai yang indah. Pangandaran juga memiliki gua yang menyajikan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya adalah Gua Sinjang Lawang yang terletak di Desa Jadimulya, Kecamatan Langkap Lancar. Gua ini memiliki lebar sekitar 65 meter dan tinggi 60 meter dengan panjang 500 meter yang dilewati oleh aliran Sungai Cijulang. selengkapnya