Berita
Story Telling dan Customer Satisfaction, Kunci Utama untuk Kemajuan Pariwisata


Rabu, 24 Februari 2021. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dr. H. Dedi Taufik, M.Si. menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cianjur M. Abdul Azis Sefudin, didampingi Ketua dan Wakil Ketua Komisi C, beserta Sekretaris dan jajaran anggota Komisi C DPRD Kabupaten Cianjur dalam rangka pembahasan recovery bidang pariwisata di tengah pandemi Covid-19. selengkapnya
Wayang Bambu


Baraya, tahukah kalian bahwa selain Wayang Golek ternyata ada Wayang Bambu lho. Apa sih yang membedakan kedua kesenian itu?

Bentuk dan kostum dari Wayang Bambu mirip dengan Wayang Golek. Tapi, biasanya wajah wayang golek dilukis dengan lengkap. Ada mata, hidung, bibir, sehingga menyerupai wajah manusia. selengkapnya
Promosi Pariwisata Jadi Salah Satu Ruang Lingkup Kesepakatan Bersama Pemprov Jabar dan PT Garuda Indonesia


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dr. H. Dedi Taufik, M.Si. mendampingi Gubernur Jawa Barat Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D dalam acara Penandatangan Kesepakatan Bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan PT Garuda Indonesia tentang Percepatan Pemulihan Ekonomi Daerah Melalui Penyediaan dan Peningkatan Layanan Transportasi Udara dan Penerbangan Kargo di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Selasa 23 Februari 2021.

Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi, pengembangan dan penyediaan jasa transportasi udara penumpang dan cargo, promosi dan packaging pariwisata, pengembangan kawasan, pengembangan kualitas sumber daya manusia, optimalisasi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), dan bidang lainnya.
selengkapnya
ASN Baru Disparbud Jabar Diharapkan Jadi Agent of Change


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si memimpin acara sertijab dan pelepasan pensiun, Senin 22 Februari 2021.

Dalam kesempatan kali ini, Kadisparbud meminta agar para ASN baru untuk selalu bekerja sama dalam melakukan percepatan dengan inovasi dan kolaborasi, serta lakukan check, re-check, dan final check dalam bekerja. selengkapnya
Upacara Seren Taun


Baraya, tahukah kalian tentang upacara Seren Taun?

Di Sukabumi, tepatnya Kampung Adat Ciptagelar masih menjaga kebudayaan leluhur, salah satunya Upacara Seren Taun. Kegiatan ini merupakan upacara peyerahan hasil bumi berupa padi yang diperoleh dalam kurun waktu satu tahun untuk disimpan di ‘leuit’.
selengkapnya
Gunung Tangkuban Parahu


Siapa sih yang tidak tahu tentang Gunung Tangkuban Perahu?

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat. Gunung berbentuk unik ini memiliki panorama sangat indah sehingga menarik perhatian banyak wisatawan nusantara maupun mancanegara. selengkapnya
Kadisparbud Jabar Terima Rekomendasi Usulan Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Provinsi Jawa Barat Tahun 2021


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dr. H. Dedi Taufik, M.Si menerima usulan penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Provinsi Jawa Barat tahun 2021. Proses serah terima dilakukan di Ruang Gallery Disparbud, Sabtu 20 Februari 2021 bersama anggota Komisi V DPRD Jawa Barat sekaligus Ketua WBTB Jawa Barat Dr. Bucky Wibawa Karya Guna, M.Si.

Tahun ini ada 32 produk yang diajukan ke pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai WBTB Provinsi Jawa Barat. Kadisparbud menyatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan dari sisi pemanfaatan.
selengkapnya
Pembahasan Rencana Aksi Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Lido


Pertemuan dipimpin oleh Ketua Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK, Kemenko Perekonomian, Setneg, Kemenhumham, Kemenkeu, Kemenparekraf, KLHK, Pemprov Jabar (Disparbud dan Biro Perekonomian), serta Pemkab Bogor. Ini merupakan tindak lanjut keputusan tanggal 10 Februari 2021 tentang KEK Lido yang telah disetujui usulan pembentukannya dan akan direkomendasi ke presiden untuk ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah. selengkapnya
Cara Baru Temukan Info Destinasi Wisata


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik @deditaufik_ menghadiri acara launching program Scan Jabar di Rest Area Naringgul, Desa Balegede, Kabupaten Cianjur, Minggu 21 Februari 2021. Dalam kesempatan ini hadir pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil @ridwankamil , Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Ibu Atalia @ataliapr , serta Plt Bupati Cianjur Herman Suherman @h.hermansuherman . selengkapnya
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan


Disparbud Jabar mengikuti kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan dengan Gubernur Jawa Barat melalui teleconference, Kamis 18 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menekankan bahwa birokrasi Jawa Barat harus menjadi "Center of Excellence". Maka ada tiga poin penting yang harus selalu diterapkan oleh para PNS dan ASN yaitu integritas, keikhlasan, serta profesional.

Pada kesempatan kali ini, delapan PNS Disparbud yang dilantik adalah:
selengkapnya