Berita
GUBERNUR JABAR TERIMA SERTIFIKAT PENETAPAN WBTB INDONESIA 2019


Print


Gubernur Jabar yang diwakili oleh Pj. Sekda, Daud Ahmad menerima sertifikat penetapan WBTB dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi, dan Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumulo, Selasa malam, 8 Oktober 2019 di Istora Senayan Jakarta.

Sebanyak 13 karya budaya Jawa Barat telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2019, yaitu :
1. Badawang
2. Bajidoran
3. Blenderan
4. Benjang
5. Cingcowong
6. Domyak
7. Kawin Cai
8. Panjang Jimat Kasepuhan Cirebon
9. Reak Dogdog
10. Seren Taun Cigugur
11. Seren Taun Banten Kidul (Kabupaten Sukabumi)
12. Tari Trebang Randu Kintir
13. Topeng Banjet

Penetapan ini melalui proses yang cukup panjang diawali pengusulan dari setiap provinsi kemudian dilakukan verifikasi dan uji lapangan oleh tim ahli serta diakhiri oleh sidang penetapan WBTB bulan Agustus 2019. Sidang dilakukan sebagai tahap akhir untuk menentukan status setiap usulan dimana Dinas yang membidangi kebudayaan didampingi oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya mempresentasikan usulannya di hadapan staf ahli yg berjumlah 15 orang.

Daud Achmad mengapresiasi prestasi ini dan mengharapkan peningkatan jumlah karya budaya Jabar yang ditetapkan di tahun-tahun mendatang.

Kadisparbud Prov. Jabar, Dedi Taufik yang didampingi oleh Kabid Kebudayaan, Febiyani menegaskan bahwa Jabar berkomitmen terhadap implementasi UU 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dimana perlindungan merupakan salah satu aspek yang harus dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Dedi Taufik mengajak seluruh kab/kota di Jabar untuk bersama-sama dengan akademisi dan para penggiat budaya dalam melindungi karya budaya Jabar melalui proses penetapan WBTB. (Fy_69)

Sumber : http://www.instagram.com/p/B3ZqFHfBT6f/



   

Berita Lainnya

BANDUNG CALENDAR OF EVENT 2020
GUBERNUR JABAR RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI INSPIRATIONAL LEADER SE ASIA PASIFIK 2019
SITUS SAURIP KIDUL
BERWISATA KE KUNINGAN PASTINYA AKAN MEMBAWA KENANGAN
MARI RAMAIKAN BANCEUY FESTIVAL 19 OKTOBER 2019


Kembali Ke Index Berita