Berita
JABAR USUNG 32 KARYA BUDAYA DALAM PENETAPAN WARISAN BUDAYA TAKBENDA TINGKAT NASIONAL 2020


Print


Sebanyak 32 karya budaya Jabar akan ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Jawa Barat 2020 dan akan dibawa ke sidang penetapan WBTb Indonesia Tahun 2020. Kadisparbud Prov. Jabar, Dedi Taufik memberikan apresiasi terhadap kinerja Tim Perumus, Penrtapan, dan Pengusulan WBTb Jabar yang terdiri dari DR.Bucky Wibawa Karya Guna ,MSi, DR. Dinda Satya Upaja Budi,M.Hum,, DR. Zaini Alif S.Sn, MSi, DR. Laina Rafiati SH, MH dan Irvan Setiawan, S.Sos saat menerima dokumen kajian WBTb, Kamis, 25 Juni 2020 di Kantor Disparbud Jabar.

Ditegaskan Dedi Taufik bahwa hendaknya karya budaya yang telah ditetapkan terus diperhatikan melalui program pemgembangan dan pemanfaatan sehingga berjalan kerkesinambungan. Pihaknya mengajak pemerimtah kab/kota untuk terus meningkatkan kinerja kebudayaan, termasuk melakukan kajian sebagai dasar pengusulan WBTb ke tingkat provinsi. Tahun 2019 sebanyak 13 karya budaya Jabar telah diakui sebagai WBTb Indonesia sehingga kenaikan jumlah usulan WBTb menjadi 32 ini membuktikan kerja keras tim beserta dinas untuk meningkatkan Indeks Pemajuan Kebudayaan (IPK) Jabar.

Bucky Wibawa menjelaskan bahwa umumnya masyarakat dan pemda belum sepenuhnya menyadari pentingnya sebuah karya budaya untuk ditetapkan sebagai WBTb baik di tingkat kab/kota, provinsi, nasional dan dunia. Hal ini menyangkut kekayaan bangsa yang harus diwariskan kepada generasi penerus kita.

Kabid Kebudayaan, Febiyani menyampaikan bahwa diakuinya sebuah karya budaya menjadi WBTb Indonesia merupakan proses yang panjang. Perjuangan pun tdk akan berhenti sampai di sana karena untuk beberapa WBTb akan diusulkan pula untuk diakui sebagai World Heritage. Dibutuhkan upaya pencatatan, pendokumentasian, dan pengkajian karya budaya yang lebih baik lagi sehingga peran serta stakeholder kebudayaan menjadi sangat penting.

Sumber : https://www.instagram.com/p/CCA7tbZh4Kp/



   

Berita Lainnya

PENGENAAN SANKSI ADMINISTRATIF TERHADAP PELANGGARAN TERTIB KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR DAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM PENANGGULANGAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
Sahabat Budaya, berikut informasi terbaru Apresiasi Pelaku Budaya 2020.
Indonesia Kembali Berduka Dengan Berpulangnya Seorang Sastrawan Besar Asal Majalengka Jawa Barat, Ajip Rosidi, Rabu, 29 Juli 2020
"DIBUTUHKAN KERJASAMA SEMUA PIHAK DALAM MEMPERKUAT 5 PILAR KEPARIWISATAAN JABAR
TALK SHOW "Jejak Arsitektur Gedung Sate: Dulu, Kini dan Nanti"


Kembali Ke Index Berita