Berita
Nikmati Pergantian Tahun di Bibir Cekungan Bandung


Print


Bandung - Daripada terjebak macet di tengah kota, kenapa tidak coba menikmati pemandangan malam tahun baru dari bibir Cekungan Bandung.

Dari sisi topografi Bandung Raya (Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat) dikelilingi sejumlah gunung serta bukit-bukit. Tidak heran muncul istilah Cekungan Bandung, karena jika dilihat dari gunung maupun bukit tadi maka akan terlihat hamparan yang menyerupai mangkuk.

Mereka yang suka bepergian ke gunung maupun bukit di sekitar Bandung tentu bakal mendapati pemandangan menakjubkan. Dari ketinggian terlihat kelokan jalan-jalan utama, lampu-lampu permukiman maupun gedung-gedung besar.

Makin dramatis lagi jika pemandangan dari bibir Cekungan Bandung itu dinikmati saat malam pergantian tahun. Sebab selain lampu-lampu kota, bakal terlihat juga jutaan kembang api yang memecah bergantian dari berbagai penjuru langit kota.

Ada beberapa tempat di dataran tinggi yang biasa dikunjungi masyarakat pada malam pergantian tahun. Salah satunya kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sampai sekarang tempat ini masih menjadi favorit, terutama bagi para wisatawan dari luar kota.

Tentu saja masih ada sejumlah tempat lain yang bisa didatangi untuk menikmati pemandangan menakjubkan seperti itu. Sebagian warga Kota Cimahi biasanya memilih pergi ke Desa Jambudipa, Cisarua, KBB, dengan menyusuri Jalan Kolonel Masturi.

“Hampir setiap pergantian tahun jalan-jalan di sekitar sini pasti ramai. Ada yang naik motor atau mobil, lalu parkir di sisi jalan. Dari tempat ini lebih lapang memandang ke arah Kota Cimahi dan sebagian KBB. Warga setempat memanfaatkan momen itu dengan jualan jagung bakar, sate, ketan, mi instan, atau minuman panas di halaman rumah,” kata Panca (42) warga setempat.

Tempat lain yang sering didatangi wisatawan untuk menikmati pemandangan pergantian tahun dari ketinggian, yaitu Caringin Tilu dan Bukit Moko di daerah Bandung Timur. Kedua tempat ini berada di ketinggian sekitar 1.500 m/dpl.

Caringin Tilu dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau mobil, dengan menyusuri Jalan Padasuka, Kota Bandung. Setelah melewati Saung Angklung Udjo (SAU) waktu tempuh perjalanan masih sekitar 15 menit. Tapi perlu ekstra hati-hati, mengingat ruas jalan di kawasan ini memiliki kelokan dan kemiringan tajam, sehingga cukup licin saat hujan.

Selain pohon beringin besar, di kawasan Caringin Tilu juga terdapat puluhan warung lesehan. Di tempat-tempat itulah wisatawan dapat beristirahat sambil menikmati camilan dan pemandangan ke arah Cekungan Bandung. Cukup banyak pula tersedia titik strategis untuk berfoto bersama teman maupun keluarga.

Butuh waktu tempuh sekitar 10 menit dari Caringin Tilu untuk sampai di Bukit Moko. Satu tempat populer didatangi di tempat ini yaitu Warung Daweung.

Tempat ini tidak hanya menawarkan berbagai minuman dan camilan bagi pengunjung yang ingin bersantai. Pengelola tempat ini juga mengizinkan wisatawan berkemah atau menginap di bangunan utama hingga pagi hari. Karena tidak sedikit pengunjung yang ingin menikmati suasana matahari terbit dari tempat ini. (rey)
Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2165692/nikmati-pergantian-tahun-di-bibir-cekungan-bandung



   

Berita Lainnya

RE LAUNCHING DE MAJESTIC SEBAGAI TITIK AWAL KERJASAMA SINERGITAS PELESTARIAN & PENGEMBANGAN ASET BUDAYA UNTUK MEWUJUDKAN PARIWISATA JUARA
Berpulangnya Bapak BJ Habibie, Presiden RI ke-3, Rabu, 11 September 2019
KOLABOLARASI PENTAHELIX KUNCI KEBERHASILAN PENGEMBANGAN PARIWISATA JAWA BARAT
TOUR DE LINGGARJATI HADIR KEMBALI
KATON TOURISM EXPO


Kembali Ke Index Berita