Berita
Hore,Geopark Ciletuh Resmi Jadi Kawasan Ekowisata


Print


BANDUNG--Pemprov Jabar resmi menjadikan kawasan Geopark Ciletuh sampai Konservasi Penyu Taman Pesisir Pangumbahan Ujung Genteng sebagai kawasan ekowisata.

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mencanangkan kawasan tersebut sebagai kawasan ekowisata.

Ekowisata sendiri adalah kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan yang mengutamakan konservasi alam serta pemberdayaan sosial budaya dan ekonomi masyarakat lokal.

“Ini menjadi kawasan hijau, dan kawasan wisata. Kawasan yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Airnya bening, ombaknya besar," katanya di Bandung, Jumat (2/1/2015).

Menurutnya dengan kondisi alam yang cantik diharapkan akan rindang dengan pohon kelapa, dengan pohon ketapang. Pihaknya mengaku akan melakukan pendekatan konservasi dengan pendekatan industri ekowisata, industri hutan wisata.

"Sehingga meskipun hutan ini akan kembali, kemudian masyarakat tetap akan mendapatkan hasil ekonomi baik dari kawasan wisatanya maupun dari kelautanya,” tutur Aher.

Menurutnya langkah ini walau terlihat kecil, tetapi bila dilakukan di berbagai tempat akan menjadi besar dan bermanfaat bagi daerah setempat bahkan dunia.

Untuk menunjang perekonomian masyarakat selain dari pariwisata, Aher juga mendorong peningkatan SDM, salah satunya lewat sekolah kelautan, kemudian peningkatkan sarana dan prasarana nelayan seperti perahu dan alat tangkap ikan lainya.

Seperti diketahui kawasan Geopark Ciletuh serta arena konservasi Penyu Taman Pesisir Pangumbahan Ujung Genteng juga menjadi kawasan binaan PT Bio Farma (Persero)
Sumber : http://www.bandung.bisnis.com/read/20150102/13/524142/horegeopark-ciletuh-resmi-jadi-kawasan-ekowisata



   

Berita Lainnya

DUKUNGAN TERHADAP ASOSIASI PARIWISATA DAN STAKEHOLDER LAINNYA ADALAH SALAH SATU BENTUK KOMITMEN PEMPROV JABAR DALAM WUJUDKAN JABAR SEBAGAI PROVINSI PARIWISATA
BANDUNG SILAT CHAMPIONSHIP 2020
KOORDINASI DAN JALINAN KEMITRAAN JADI KUNCI KEBERHASILAN MANAJEMEN KRISIS KEPARIWISATAAN (MKK) JABAR
WEST JAVA TOURISM SUMMIT SIAP DIGELAR DI TAHUN 2020
AWALI GIAT DI TAHUN 2020, KADISPARBUD PROV.JABAR AJAK SELURUH ASN DAN MITRA KERJA UNTUK TINGKATKAN KENYAMANAN DI DESTINASI WISATA, DIMULAI DENGAN GERAKAN KEBERSIHAN DI SEPUTAR KAWASAN MONUMEN PERJUANGAN JAWA BARAT.


Kembali Ke Index Berita