Berita
Target Mendatangkan 20 Juta Wisman Bisa Tercapai, Asal...


Print


Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dinilai akan sulit mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) sampai 2019 jika tidak didukung oleh inisiatif seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat.

"Target presiden yang memberikan tugas kepada Kemenpar untuk mewujudkan kunjungan 20 juta wisman itu berat dan akan sulit dicapai jika tidak dibantu oleh instansi terkait lain. Sebab indikator keberhasilan Pariwisata juga lebih sering ada di kementerian lain seperti infrastruktur, transportasi dan lain-lain," kata pengamat Pariwisata Universitas Indonesia (UI), Jajang Gunawijaya di Jakarta, Sabtu (31/1/2015) lalu.

Menurut Jajang, indikator keberhasilan pariwisata sulit dinilai hanya dalam waktu 100 hari atau 3 bulan sejak pemerintahan Jokowi-JK bertugas karena pariwisata lebih merupakan proses yang hasilnya baru bisa dirasakan dampaknya dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, lanjut Jajang, tidak adil untuk menilai Kemenpar telah gagal dalam tiga bulan pertama tugasnya mewujudkan target besar pariwisata meraih kunjungan 20 juta wisman. "Sektor pariwisata itu punya target yang berat dan kita harus realistis bahwa dalam tiga bulan ini memang belum bisa dilihat hasilnya, tapi bukan berarti bahwa Kemenpar tidak bekerja," katanya.

Dia mencatat sejumlah program Kemenpar yang sudah diinisiasi dan mulai dilaksanakan dalam tiga bulan terakhir di antaranya kebijakan pembebasan visa untuk lima negara fokus pasar yakni Tiongkok, Australia, Rusia, Korea Selatan, dan Jepang.

Kemenpar di bawah pimpinan Menteri Pariwisata Arief Yahya juga telah melakukan promosi digital hingga diplomasi internasional untuk mencitrakan pariwisata dan kondisi Indonesia yang aman. Target 20 juta wisman merupakan target bersama yang bukan secara resmi diluncurkan oleh Kemenpar melainkan merupakan target Presiden Joko Widodo yang disampaikan sejak awal masa pemerintahan Kabinet Kerja.

"Jadi ini sudah semestinya menjadi target bersama, target kita semua sehingga semua pihak termasuk masyarakat harus proaktif untuk mewujudkan target itu secara bersama-sama," katanya.
Sumber : http://travel.kompas.com/read/2015/02/03/120600327/Target.Mendatangkan.20.Juta.Wisman.Bisa.Tercapai.Asal.



   

Berita Lainnya

WEST JAVA FESTIVAL 2019
BANDUNG CALENDAR OF EVENT 2020
GUBERNUR JABAR RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI INSPIRATIONAL LEADER SE ASIA PASIFIK 2019
SITUS SAURIP KIDUL
BERWISATA KE KUNINGAN PASTINYA AKAN MEMBAWA KENANGAN


Kembali Ke Index Berita