Berita
Seni Budaya Jabar akan Dipamerkan di Italia


Print


Bandung - Dalam waktu dekat budaya Jawa Barat akan lebih dikenal oleh masyarakat dunia. Pasalnya, Pemprov Jabar akan menampilkan potensi budaya serta sumber daya alam di acara Expo Milano 2015 di Italia.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyatakan, Jabar mempunyai banyak potensi dari seni budaya dan kreativitas. Ketahanan pangan serta sumber daya alam Jawa Barat pun tak kalah menariknya.

"Kita berupaya lebih memperkenalkan potensi Jabar ke masyarakat internasional. Makanya, Jabar penting hadir di ajang bergengsi itu. Kita akan usahakan dengan anggaran yang ada atau menghimpun dana dari perusahaan," tutur Deddy, Minggu (8/2/2015).

Dia mengatakan, dalam ajang tersebut sangat banyak kekayaan Jabar yang bisa ditampilkan. Baik itu seni budaya atau sumber daya alam. "Bisa juga menampilkan ekonomi kreatif lainnya," kata dia.

Aktor Senior, Didi Petet selaku Ketua Penyelenggara Indonesia Paviliun mengatakan, Jabar merupakan wilayah yang kaya akan budaya dan sumber daya alamnya. Dengan begitu, sangat penting kekayaan tersebut ditampilkan pada Expo Milano 2015.

"Ini untuk mengangkat kreativitas masyarakat serta tradisi pangan serta sumber daya energinya," ucap Didi.

Dia mengatakan, acara ini merupakan salah satu ajang bergengsi internasional terbesar setelah piala dunia dan olimpiade. Sebanyak 147 negara ikut serta dalam acara ini. Acara ini pun digelar selama 6 bulan, dari 1 Mei 31 Oktober 2015.

"Ini bisa sebagai ajang yang tepat mengenalkan Indonesia pada dunia, termasuk Jawa Barat. Expo ini ajang tempat kita bersama-sama negara lain untuk memberitahukan siapa Indonesia. Nah kami minta semua yang hebat-hebat di Indonesia untuk hadir di sana. Saya tahu Jawa Barat tempat kreativitas yang sangat luar biasa, ucap dia.

Tema yang diangkat sendiri, kata Didi adalah Feeding Planet Energy for life atau pangan dan energi untuk kehidupan. Menurutnya, ini sangat cocok dengan status Jawa Barat yang merupakan lumbung padi nasional.

Dia menilai Jabar merupakan tempat ruang kreatif yang bagus sekali. Kemudian Jawa Barat adalah tempat yang indah sekali dan semunya pangan dan sebagainya.

Didi berencana akan membuat film tentang Desa Ciptagelar. Desa tersebut dinilai berhasil menjaga kearifan lokalnya sehingga bisa mengelola pangan dengan bijak.

"Desa Ciptagelar itu hebat, kita akan filmkan. Kalau perlu kita bawa Abah Uwi untuk bercerita. Dia bercerita tentang lingkungannya yang sudah ratusan tahun menjaga kearifan lokal. Itu yang luar biasa, tutup dia. [hus]
Sumber : http://www.nilahkoran.com/read/detail/2177040/seni-budaya-jabar-akan-dipamerkan-di-italia



   

Berita Lainnya

PAMERAN RUMAH BUAT PERUPA YANG INGIN BERKARYA
BANTUAN KEROHIMAN UNTUK PELAKU PAREKRAF JABAR DARI KEMENPAREKRAF RI BATCHC2 DIPERSIAPKAN UNTUK SEGERA DIDISTRIBUSIKAN
SELAMAT HARI MUSEUM NASIONAL
PAKET SEMBAKO BANTUAN KEROHIMAN KEMENPAREKRAF RI UNTUK JABAR MULAI DIDISTRIBUSIKAN KE 16 KAB/KOTA, KAMIS, 15 MEI 2020
PAKET SEMBAKO BANTUAN KEROHIMAN KEMENPAREKRAF RI UNTUK JABAR MULAI DIDISTRIBUSIKAN KE 16 KAB/KOTA, KAMIS, 15 MEI 2020


Kembali Ke Index Berita