Berita
Geoteater Karst Citatah Kembangkan Ekonomi Warga


Print


Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana mengembangkan kawasan Geoteater di kawasan Karst Citatah Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pengembangan geoteater diharapkan menopang ekonomi masyarakat tanpa merusak lingkungan yang ada.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan, realisasi pembangunan geoteater di bentangan Karst Citatah akan dilakukan pada tahun ini. Pihaknya bersama beberapa OPD sudah melakukan peninjauan langsung ke kawasan Karst Citatah pada akhir pekan kemarin.

Kunjungan dilakukan di daerah Gunung Pabeasan dan Karang Panganten. Kawasan tersebut selama ini sering dijadikan tempat untuk berlatih panjat tebing.

"Ini bukan inspeksi mendadak. Kunjungan ini untuk menentukan zonasi di kawasan karst yang cocok dijadikan kawasan geoteater," tutur Deddy, Minggu (8/2/2015).

Dia mengatakan, kedatangan para pejabat pemerintah tidak menutup atau menertibkan perusahaan pertambangan. Meskipun diduga di kawasan tersebut masih banyak penambang ilegal.

Ke depan, pihaknya akan membuat akses ke wilayah tersebut. Pembuatan geoteater ini sebagai langkah Pemprov menyelamatkan lingkungan namun ekonomi masyarakat bisa tetap berkembang.

"Jadi dari kota bandung atau dari tol seperti apa, kita pelajari. Saya kira pertama menyelamatkan alam lingkungan, tapi ada pemberdayaan ekonomi masyarakat di dalamnya, terang Deddy.

Pria yang akrab disapa Demiz ini menyatakan, untuk membangun geoteater membutuhkan lahan seluas 100 hektare. Diharapkan dengan tumbuhnya kawasan ekonomi kreatif, dengan sendirinya akan menghentikan aktivitas penambangan liar yang merusak alam.

Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarna yang juga Ketua Satgas Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu (PHLT) mengatakan, segala bentuk pembangunan semestinya masyarakat lokal yang bisa menikmatinya, salah satunya dengan mengembangkan ekonomi kreatif. Menurut dia, pembenahan lingkungan sangat penting dilakukan agar semua generasi bisa menikmatinya.

"Apapun yang dibangun, filosofisnya, prinsip dasarnya membangun masyarakat. Ya artinya bukan untuk membangun orang luar. Jadi masyarakat di sini harus menjadi pelaku utama dalam berbagai jenis aktivitas yang sesuai dengan prosesi yang mungkin nanti kita kembangkan dalam ekonomi kreatif dan sebagainya," kata dia.

Kepala Dinas ESDM Jabar Sumarwan HS mengatakan, kekayaan alam ini memang disediakan oleh Tuhan untuk manusia. Oleh sebab itu harus dimanfaatkan dengan baik.

"Pengelolaan yang benar dan ramah lingkungan. karena seperti daerah kars yang kaya akan kapur ini mempunyai fungsi penting sebagai daerah tangkapan air," kata dia.

Sumarwan mencontohkan seperti batu gamping, dalam mengelolannya harus ada aturan. Jangan sampai kekayaan habis di generasi sekarang. Generasi selanjutnya harus bisa menikmati juga. [hus]
Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2177050/geoteater-karst-citatah-kembangkan-ekonomi-warga



   

Berita Lainnya

WEST JAVA FESTIVAL 2019
BANDUNG CALENDAR OF EVENT 2020
GUBERNUR JABAR RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI INSPIRATIONAL LEADER SE ASIA PASIFIK 2019
SITUS SAURIP KIDUL
BERWISATA KE KUNINGAN PASTINYA AKAN MEMBAWA KENANGAN


Kembali Ke Index Berita