Berita
Wisata Jabar Selatan dan Utara Punya Ciri Khas


Print


BANDUNG, (PRLM).- Industri wisata di Jabar Utara dan Jabar Selatan harus dibedakan dan tidak untuk disamaratakan. Biarkanlah ciri khas dari masing-masing daerah menjadi pesona tersendiri bagi masing-masing daerahnya.

"Contohnya nanti Jabar Selatan kita kembangkan kira-kira akan seperti apa, Jabar Utara juga berkaitan dengan infrastruktur fisik yang sudah terbangun," kata Staff Ahli Gubernur Bidang, Pembangunan, Dicky Saromi saat diwawancarai di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (10/2/2015).

Dicky memaparkan bahwa untuk Jabar Selatan, jikalau ada potensi unik yang dimiliki harusnya dikembangkan sejak saat ini. "Misalkan dari sisi pariwisata sangat prioritas kalau kita buat pariwisata unik dan memberikan tingkat aktrasi yang lebih dibandingkan lokasi lain, misalkan Ciletuh, ada geopark, kemudian Pangandaran," katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar pun merespon baik tentang hal ini, menurutnya masukan dari Staff ahli Gubernur ini dinilai sangat menarik.

"Kalau mau ada pengembangan di Jabar Selatan jangan sama dengan di Jabar Utara. Karena ada hal spesifik yang kita kembangkan di sana," ujarnya di tempat yang sama.

Deddy menjelaskan bahwa seperti dalam Perda, di 3 wilayah pengembangan Selatan tadi, Pelabuhan Ratu, Ranca Buaya dan Pangandaran itu tidak bisa atau jangan berharap dikembangkan seperti Bekasi dan Cirebon. "Tapi kekhasannya harus ada. Karena itu bentuk pariwisatanya adalah agrobisnis, perikanan dan perdagangan," ucapnya.

Jadi, lanjut Deddy, tidak boleh ada pabrik lain. Sehingga pembangunan di Ranca Buaya beda dengan di Pangandaran nantinya. Tidak seluruh pantai di sana bisa jadi pariwisata, ada keunikan masing-masing, Keunikan di Sukabumi belum tentu ada di Ranca Buaya.

Lalu saat disinggung mengenai bagaimana budaya tetap menjadi warna setiap destinasi tersebut, Deddy menjelaskan caranya adalah dengan memperbaiki akses dari Utara ke Selatan yang harus diperbaiki.

Sementara untuk kawasan di Utara, Deddy memaparkan banyak juga destinasi yang bisa dikembangkan. "Karena di Utara itu daerah yang paling subur maka tercetus ide bagaimana kalau dibuat wisata sawah, kita gabungkan dengan Candi Batu Jiwa, Karawang, yang ada di tengah sawah," tuturnya.

Sehingga, kata Deddy, hal ini jadi hal yang unik, yang tidak ada di manapun juga, "Pengembangan itu saya kira perlu direncanakan dengan baik, Pelabuhan Ratu seperti apa, Ciletuh jadi destinasi unik. Kemudian goa di Pangandaran, jadi pantainya tidak semua sama diperlakukan, harus ada hal-hal unik di setiap wilayah, baik Cianjur Sukabumi pangandaran dan Ranca Buaya, jangan semua sama," tuturnya. (Mochamad Iqbal Maulud)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/315692



   

Berita Lainnya

WEST JAVA FESTIVAL 2019
BANDUNG CALENDAR OF EVENT 2020
GUBERNUR JABAR RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI INSPIRATIONAL LEADER SE ASIA PASIFIK 2019
SITUS SAURIP KIDUL
BERWISATA KE KUNINGAN PASTINYA AKAN MEMBAWA KENANGAN


Kembali Ke Index Berita