Berita
Akibat Kecelakaan Pesawat, Kunjungan Wisman Menurun pada Periode Januari


Print


Dampak kecelakaan pesawat AirAsia QZ8510 di Selat karimata dan kecelakaan pesawat lainnnya, ternyata berdampak pada kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sebanyak 723 ribu kunjungan wisatawan mancanegara pada Januari 2015. Menurun 3,99 persen ketimbang periode sama tahun lalu.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadiwibowo menyebut penurunan itu disebabkan oleh kecelakaan transportasi udara.

"Sehingga, wisatawan enggan berlibur ke Indonesia," katanya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Selain itu, lanjutnya, pergeseran waktu perayaan hari tahun baru China juga mempengaruhi kunjungan wisman. Tahun ini, perayaan imlek baru diselenggarakan pada pertengahan Februari.

"Pariwisata turun karena perubahan waktu perayaan imlek. Tahun lalu itu akhir Januari."

BPS juga mencatat tingkat hunian hotel turun pada Januari sebesar 3,05 poin ketimbang Desember 2014.

"Tapi ada kenaikan dari tahun lalu karena perayaan tahun baru 2014. Itu merupakan libur panjang atau long weekend jadi memanfaatkan itu."
Sumber : http://www.galamedianews.com/wisata/11757/akibat-kecelakaan-pesawat-kunjungan-wisman-menurun-pada-periode-januari.html



   

Berita Lainnya

LAUNCHING SMILING WEST JAVA AKB GREAT SALE 2020
JABAR USUNG 32 KARYA BUDAYA DALAM PENETAPAN WARISAN BUDAYA TAKBENDA TINGKAT NASIONAL 2020
Smiling West Java Great Sale
DESTINASI JABAR SIAP TERAPKAN AKB
KADISPARBUD JABAR DAMPINGI GUBERNUR JABAR MEMANTAU LANGSUNG PELAKSANAAN RAPID TEST DI KOTA BOGOR SEBAGAI LANGKAH ANTISIPATIF PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 (JUMAT, 26 JUNI 2020)


Kembali Ke Index Berita