Berita
Situ Ciburuy Akan Disulap Jadi Rabbit Island


Print


BANDUNG - Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kab Bandung Barat, PT Perdana Multiguna Sarana yang merupakan BUMD pemda setempat berencana membangun proyek cable car dari Kota Baru Parahyangan - Situ Ciburuy - Goa Pawon.

Situ Ciburuy merupakan danau alami yang cukup terkenal di kalangan wisatawan nusantara yang terletak tidak jauh dari Kota Padalarang, di sebelah barat Kota Bandung, danau ini menjadi tempat favorit bagi banyak penggemar rekreasi danau.

Tapi, seiring berjalannya waktu, Ciburuy kehilangan pamor akibat tumbuhnya kawasan permukiman dan tidak terurus.

Direktur Utama PT Perdana Multiguna Sarana, Edi Muklas menyatakan, saat ini perusahaan yang dipimpinnya punya komitmen untuk mengubah Situ ciburuy jadi kawasan wisata modern dengan 'brand' baru yaitu Rabbit Island.

"Agar lebih menjual maka kami akan menghubungkan tiga destinasi seperti Kotabaru Parahyangan, Rabbit Island, goa pawon dengan cable car," katanya, kepada Bisnis, Kamis (5/3/2015).

Nama Rabbit Island dipilih karena kelinci merupakan hewan yang banyak diternakkan di wilayah Bandung Barat, bahkan menduduki peringkat pertama di Indonesia. Tagline yang diangkat adalah "Island for fun". Rabbit Island nantinya bisa dikembangkan juga sebagai resort terpadu dengan ditambahkan wisata wahana air.

Menurut dia, kemungkinan besar proyek tersebut baru mulai digarap dengan pembangunan fisik pada tahun 2016. Mengenai investor, saat ini sudah ada sejumlah pengusaha luar negeri yang menyatakan minatnya.

"Investornya sudah kita dapatkan dari Jepang. Tinggal nanti kita lakukan perencanaan dan pengkajian terlebih dahulu," ujarnya.

Sebenarnya, sejak lama investor berminat untuk mengembangkan Situ Ciburuy salah satunya pemilik Taman Wisata Matahari, tapi Pemprov Jabar selaku pengelola pada waktu itu tidak ada titik temu.

Situ merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kewenangan Pemkab Bandung Barat hanya sebatas sebagai pengelola. Dengan begitu, untuk revitalisasi, pemkab hanya boleh melakukan rehabilitasi pada sarana penunjang pariwisata eksisting.

Agar revitalisasi berjalan optimal, pemda setempat telah memohon pengajuan alih kepemilikan aset agar penyelenggaraan pariwisata Situ Ciburuy menjadi lebih berkelas.

Nilai investasi untuk Rabbit Island diperkirakan sebesar Rp50 miliar. Sedangkan total investasi cable car masih akan dikaji dengan studi kelayakan (feasibility study).

Pembuatan cable car ini, sekaligus untuk memanfaatkan lokasi Situ Ciburuy agar lebih ramai dikunjungi oleh masyarakat luas. Pihaknya menginginkan agar Situ Ciburuy dapat berkembang layaknya Floating Market.

"Nantinya cable car itu akan dimulai dari Kota Baru. Setelah itu akan melewati Situ Ciburuy. Di situ para penumpang cable car akan menikmati suasana Situ Ciburuy yang sudah dibenahi dengan kondisi baru," ujarnya.

Edi menambahkan, panjang cable car dari Kota Baru Parahyangan-Goapawon sepanjang 15 kilometer. Dengan adanya cable car sebagai salah satu cara untuk untuk mengurangi beban kendaraan yang ada di titik macet Padalarang.

"Biasanya macet cukup tinggi di wilayah Padalarang-Cipatat. Dengan adanya cable car akan menjadi solusi menghindari kemacetan," paparnya.
Sumber : http://bandung.bisnis.com/read/20150308/13/528493/situ-ciburuy-akan-disulap-jadi-rabbit-island



   

Berita Lainnya

CONFEX 24-26 November 2019
FGD MICE : " STRATEGI DAN PROGRAM MEWUJUDKAN JAWA BARAT SEBAGAI DESTINASI MICE INTERNASIONAL"
Lomba Fotografi, Festival Kuliner dan kopi yang Bakal Diadakan di Green Grass Cikole lembang Sabtu Tanggal 23 November 2019
PEMPROV JABAR DUKUNG PENGEMBANGAN SENI BUDAYA ISLAM
YUK HADIR DI KAMPUNG BUDAYA SINDANG BARANG DAN IKUTI DEKLARASI "JABAR SOMEAH"


Kembali Ke Index Berita