Berita
Menikmati Pelangi Malam Hari di Cimahi


Print


LENGKUNGAN warna-warni pelangi yang menakjubkan biasa muncul saat siang. Menariknya, pelangi ini muncul di malam hari.

Untuk menikmati pelangi di kegelapan malam, anda harus berkunjung ke tempat wisata Curug Cimahi. Waktunya terbatas, para pengunjung hanya bisa menikmati air terjun pelangi ini mulai jam 17.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Air terjun pelangi adalah sebuah inovasi baru dari pengelola tempat wisata Curug Cimahi, yaitu dengan menempatkan set lampu yang sudah di desain sedemikian rupa di belakang air terjun curug cimahi sehingga dapat menyajikan pemandangan yang luar biasa indah di malam hari, karena efek cahaya lampu tersebut yang dapat memancarkan beragam warna seperti warna-warni pelangi.

Air terjun yang memancarkan pelangi di malam hari ini, tentunya membuat takjub para wisatawan. Air terjun itu, saat ini sudah menjadi tujuan wisata malam di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tepatnya di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua.

"Baru kali ini, saya bisa melihat pelangi di malam hari. Ya, di sini, di Curug Cimahi," kata salah seorang pengunjung Adi Haryanto (37), warga Gadobangkong KBB belum lama ini.

Sacara alamiah, memang pelangi hanya terlihat pada siang hingga petang. Pelangi terlihat dengan mata telanjang sebagai fenomena optik dan meteorologi yang menghasilkan spektrum cahaya. Lengkungan cahaya warna-warni itu jelas jika matahari bersinar setelah hujan.

Hasil pembiasan cahaya itu kerap terlihat di sekitar air terjun. Kendati tidak turun hujan, di sekitar air terjun itu sering terlihat pelangi. Di sana pelangi berupa lengkungan warna warni tampak serasi dengan latar belakang asri hijaunya dedaunan.

Belum lama ini, Curug Cimahi direkayasa. Tujuannya, menampilkan pelangi di air terjun pada malam hari. Pemandanan menakjubkan ini semakin fokus dengan keadaan langit malam yang gelap gulita.

Namanya juga fenomena buatan. Pelangi di malam hari itu tak serupa dengan pelangi yang terjadi secara alamiah. Yang paling kentara, bentuknya. Tidak melengkung sempurna, pelangi di Curug Cimahi ini berupa cahaya vertikal mengikuti jatuhnya air setinggi 87 m.

Pelangi yang memancar dari air terjun itu bersumber dari cahaya lampu dengan instalasi khusus. Lampu-lampu istimewa itu dipasang pada dinding belakang air terjun. Didesain sedemikian rupa, cahaya yang terlihat pun menyerupai pelangi. Ada warna merah, hijau, kuning, jingga, biru, indigo, dan ungu.

Sebagai pengelola wahana The Rainbow Waterfall, Perum Perhutani KPH Bandung Utara pun mengubah sistem kerja. Biasanya, wana wisata seluas 25,75 ha ini dibuka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Dengan wajah lain ini, pelancong bisa mengunjunginya pada pukul 17.00-21.00 WIB.

Akses masuk pun disesuaikan. Jika pagi hingga siang hari tiketnya seharga Rp12 ribu/orang, maka sejak pukul 17.00 WIB harganya menjadi Rp15 ribu/orang. Harga yang relatif sesuai dengan hal yang didapatkan dengan melihat keindahan flora dan fauna sepanjang jalan. Ditemani kicauan burung, pengunjung pun bisa mendengar langsung suara monyet ekor panjang jinak yang bermain di pepohonan.

Untuk melayani para pengunjung yang dating malam hari, pengelola menambah petugas keamanan. Tak hanya itu, di jalan setapak itu pun terpasang lampu penerangan. Fasilitas penunjang lainnya pun dilengkapi.

Tak memiliki kendaraan pribadi bukan halangan untuk tidak berkunjung ke sini. Pasalnya, wana wisata yang berada di pinggir jalan raya ini dilewati angkutan umum.

Dari Kota Bandung, kita dapat menggunakan angkot jurusan St Hall-Lembang. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan angkot jurusan Lembang-Cisarua dan turun persis di depan pintu gerbang Curug Cimahi.

Atau, dari Terminal Ledeng itu bisa dilanjutkan dengan angkot Ledeng-Parongpong, dilanjutkan angkutan jurusan Parongpong-Padalarang. Jika dari Kota Cimahi, jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi naik angkot jurusan Cimahi-Cisarua. (tan)

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2182808/menikmati-pelangi-malam-hari-di-cimahi



   

Berita Lainnya

KUATKAN GELIAT PARIWISATA JABAR MELALUI JALINAN KERJASAMA PEMPROV JABAR DENGAN INDUSTRI BERBASIS ON LINE
ALUN ALUN SUMEDANG : SATU LAGI RUANG PUBLIK YANG JUGA AKAN JADI DESTINASI WISATA
GEDUNG SATE SALAH SATU DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI BANDUNG
Satu Lagi Ruang Publik Yang Juga Akan Jadi Destinasi Wisata
MUNAS PHRI 2020 : "PHRI SIAP BANGUN PARIWISATA INDONESIA"


Kembali Ke Index Berita