Berita
Taman Cikembulan Jalin Kerja Sama dengan Bunbin


Print


Garut - Pengelola Taman Satwa Cikembulan Kecamatan Kadungora Garut menjalin kerja sama peningkatan tata kelola kaidah kesehatan hewan dengan pengelola Kebun Binatang Bandung.

Manajer Taman Cikembulan Rudy Arifin mengatakan, pihaknya mengundang dokter hewan Kebun Binatan Bandung untuk melakukan pemeriksaan hewan. Dengan kerja sama itu, dia berharap hewan di Cikembulan tidak sampai terkena penyakit hewan mewabah.

Menurut Rudy, idealnya di Taman Cikembulan terdapat tenaga dokter kesehatan hewan yang selalu siaga di tempat. Namun mendapatkan tenaga dokter kesehatan hewan ternyata tidak mudah. Selain ahli di bidang kesehatan hewan, juga mesti memiliki jiwa pencinta satwa.

Di Garut memang ada beberapa dokter hewan. Tapi kebanyakan fokusnya ke sapi, atau hewan-hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, ujar Rudy, Selasa (24/2/2015).

Dia menambahkan, pihaknya juga terus melakukan pemantauan dan pengamatan atas perilaku satwa-satwa yang ada di lingkungan Taman Satwa Cikembulan untuk dapat dilakukan pembenahan kandangnya. Sehingga keadaan kandang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan satwa.

Misalnya satwa reptil seperti ular kan senang suhu panas, senang berjemur. Maka kandang pun disesuaikan supaya ular bisa berjemur. Secara umum, intinya satwa itu butuh tempat berlindung dari basah hujan maupun dari terik panas matahari. Tinggal kita menyesuaikannya, kata Rudy.

Kendati perhatian Pemkab Garut terbilang masih minim, Rudy optimistis keberadaan taman satwa itu mendapatkan perhatian dari masyarakat luas. Dia mengaku, beberapa tahun terakhir, jumlah wisatawan dari luar Garut justru lebih dominan.

Taman Satwa Cikembulan dengan primadona macan tutul jawa (Panthera pardus melas) itu saat ini memiliki koleksi satwa 532 ekor dari 114 spesies. Terdiri atas koleksi unggas sebanyak 376 populasi, reptil 24 populasi, dan mamalia sebanyak 132 populasi. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2181686/taman-cikembulan-jalin-kerja-sama-dengan-bunbin



   

Berita Lainnya

KUATKAN GELIAT PARIWISATA JABAR MELALUI JALINAN KERJASAMA PEMPROV JABAR DENGAN INDUSTRI BERBASIS ON LINE
ALUN ALUN SUMEDANG : SATU LAGI RUANG PUBLIK YANG JUGA AKAN JADI DESTINASI WISATA
GEDUNG SATE SALAH SATU DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI BANDUNG
Satu Lagi Ruang Publik Yang Juga Akan Jadi Destinasi Wisata
MUNAS PHRI 2020 : "PHRI SIAP BANGUN PARIWISATA INDONESIA"


Kembali Ke Index Berita