Berita
Tempatnya Aneka Tanaman Eksotis


Print


HAMPARAN bunga di tempat ini jauh lebih eksotis dibanding dengan ajang pameran bunga biasa.

Mereka yang dari luar kota dan baru pertama kali datang ke Desa Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal dibuat kagum. Bukan hanya pemandangan eksotis tapi juga udara sejuk yang bebas dinikmati.

Tempat yang ditetapkan sebagai Kawasan Wisata Bunga Cihideung ini memiliki ciri khas dibanding suasana di tempat-tempat wisata lain di Kawasan Bandung Utara (KBU). Meski secara umum sama-sama menawarkan pemandangan hijau gunung atau lembah.

Di Desa Cihideung ini pandangan mata bakal disesaki dengan hamparan bunga warna-warni, serta aneka bentuk dan ukuran tanaman hias berbagai jenis. Sebab sebagian besar warga desa memang memilih profesi sebagai petani bunga dan tanaman hias.

Setiap pagi selalu terlihat warga beraktivitas memelihara tanaman hias. Ada yang membersihkan tanaman gulma atau daun kering, mencampur tanah dengan sekam dan pupuk kandang, mengawasi tanaman dari serangan ulat atau hama lainnya. Di pekarangan rumah lain ada juga yang menyirami tanaman menggunakan selang atau alat penyiram tanaman.

Warga di sini umumnya menempatkan tanaman hias ke dalam wadah kantong atau pot plastik. Tapi untuk jenis tanaman tertentu seperti bonsai, cemara, bambu kuning, karet belanda, aneka jenis palem, dan teratai, maka wadah yang dipakai bisa berupa pot khusus seperti dari drum bekas.

Di kedua sisi jalan yang bisa disusuri menggunakan mobil maupun sepeda motor juga terlihat bunga-bunga mekar. Jenisnya beragam, seperti krisan, mawar, bougenville, gladiol, miyana, aster, lolipop, sutra bombay, dan asoka, puluhan spesies anggrek, dan lainnya.

Pengunjung tempat ini juga bisa menemukan sejumlah tanaman buah yang sering dijadikan sebagai tanaman hias di kebun. Di antaranya pohon jeruk kimkit dan mangga golek.

Sebagian petani bunga di sini juga menyediakan bunga potong yang biasa digunakan untuk keperluan dekorasi acara-acara tertentu. Seperti pernikahan, ulang tahun, dekorasi ruangan seminar maupun hotel, dan sebagainya.

Wisata Bunga Cihideung yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Bandung, bisa dicapai dari Jalan Setiabudi kemudian belok ke kiri, tepat di depan gerbang Terminal Bus Ledeng. Jika tidak macet, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit.

Pengunjung pun bisa memilih jalan alternatif melalui Jalan Cihanjuang atau Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Wisata Bunga Cihideung tak berbeda dengan melalui jalur pertama.

Satu lagi yang tak kalah menarik, di beberapa titik, ada juga tempat khusus di mana para pengunjung bisa menikmati wisata petik sendiri stroberi. Aktivitas seperti ini tentu tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, apalagi di kota-kota besar. (rey)

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2184676/tempatnya-aneka-tanaman-eksotis



   

Berita Lainnya

KUATKAN GELIAT PARIWISATA JABAR MELALUI JALINAN KERJASAMA PEMPROV JABAR DENGAN INDUSTRI BERBASIS ON LINE
ALUN ALUN SUMEDANG : SATU LAGI RUANG PUBLIK YANG JUGA AKAN JADI DESTINASI WISATA
GEDUNG SATE SALAH SATU DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI BANDUNG
Satu Lagi Ruang Publik Yang Juga Akan Jadi Destinasi Wisata
MUNAS PHRI 2020 : "PHRI SIAP BANGUN PARIWISATA INDONESIA"


Kembali Ke Index Berita