Berita
Situ Gede Bukan Sekadar Telaga


Print


BAKAL disulap jadi kampung wisata. Apa saja yang menarik dari Situ Gede?

Jangan lupa datang ke Situ Gede jika hendak berwisata ke Kota Bogor. Bukan karena destinasi wisata yang indah, tapi juga posisinya yang tak jauh dari pusat Kota Hujan. Posisi Situ Gede akan dipertegas dengan menjadikannya sebagai kampung wisata.

Situ Gede, awalnya, bukanlah nama yang populer di Kota Bogor. Namanya baru menjulang setelah dijadikan kawasan resmi bagi warga Kota Bogor untuk berwisata. Sejak saat itu pulalah, Situ Gede menjadi lebih dikenal.

Situ Gede adalah nama sebuah danau kecil (situ atau setu berarti telaga) yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor. Kawasannya asri. Lokasinya berdekatan dengan lembaga pusat penelitian kehutanan yang terkenal dengan sebutan Cifor yang masih bernuansa alam pedesaan.

Untuk menuju tempat ini, warga yang berasal dari luar kota atau dalam kota Bogor tak perlu khawatir. Cukup naik ojeg atau angkot dari Terminal Bubulak atau Laladon Bogor menuju ke arah Situ Gede.

Wisata air Situ Gede terletak di tepi hutan Dramaga, yakni hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan. Telaga yang memiliki luas sekitar 6 hektare ini merupakan tempat rekreasi harian bagi warga Bogor.

Di sini sering diadakan kegiatan bertema kerakyatan. Tujuannya memperkenalkan kepada masyarakat akan budaya dan keterampilan lainnya yang ada di Kota Hujan ini.

Kelurahan Situ Gede memang memiliki Situ Gede. Tapi, tak hanya Situ Gede sebenarnya. Kelurahan ini juga punya aset wisata lain yang tak kalah menariknya. Di sini bisa ditemukan kawasan penangkaran rusa, rumah contoh dari kayu, sumur tujuh, dan makam keramat Mbah Jayanti.

Selain itu, ada pula kawasan pertanian organik di atas hamparan sawah seluas 5 hektare yang membuat mata nyaman melepas pandangan.

Laiknya destinasi wisata keluarga, Situ Gede memiliki pemandangan dan suasana yang masih alami. Para pengunjung dapat berperahu, memancing, atau berjalan-jalan di kerimbunan hutan. Danau dan hutan ini pun kerap digunakan sebagai lokasi pembuatan pre wedding, film, foto, dan sinetron.

Pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk menjadi penarik Situ Gede bagi masyarakat pada umumnya untuk bersama di atas tikar sekedar makan bersama atau bersantai ria di lokasi Situ Gede yang sangat alami yang mampu memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. (ing)

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2184675/situ-gede-bukan-sekadar-telaga



   

Berita Lainnya

KUATKAN GELIAT PARIWISATA JABAR MELALUI JALINAN KERJASAMA PEMPROV JABAR DENGAN INDUSTRI BERBASIS ON LINE
ALUN ALUN SUMEDANG : SATU LAGI RUANG PUBLIK YANG JUGA AKAN JADI DESTINASI WISATA
GEDUNG SATE SALAH SATU DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI BANDUNG
Satu Lagi Ruang Publik Yang Juga Akan Jadi Destinasi Wisata
MUNAS PHRI 2020 : "PHRI SIAP BANGUN PARIWISATA INDONESIA"


Kembali Ke Index Berita