Berita
Gubernur Jabar Lantik Kepengurusan Dewan Kebudayaan


Print


BANDUNG, (PRLM).- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengukuhkan kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat periode 2014-2019. Pengukuhan pengurus itu pun digelar di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro 22 Bandung, Kamis (12/3/2015).

Dalam kepengurusan Dewan Kebudayaan Jawa Barat ini, Ganjar Kurnia terpilih menjadi ketua dewan kebudayaan. Bertindak sebagai wakil dewan kebudayaan yakni Arief Natadinigrat dan Asep Warlan.

Meski dalam kepengurusan dewan kebudayaan ini berasal dari latar belakang pendidikan dan profesi berbeda, akan tetapi hal itu bukan menjadi permasalahan besar. Heryawan menilai, pengembangan dan pelestarian budaya haruslah mencakup berbagai bidang kehidupan.

“Para budayawan dari berbagai profesinya ada di dewan kebudayaan ini. Mereka hadir dengan berbagai latar belakang keilmuannya masing-masing. Mereka hadir dalam sebuah komunitas yang ingin melestarikan seluruh jenis budaya yang melingkupi kehidupan kita,” ungkap Heryawan.

Lebih lanjut diungkapkan Heryawan, pengukuhan pengurus dewan kebudayaan ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 430/Kep.1592.Yansos/2014 tentang Dewan Kebudayaan Jawa Barat Periode Tahun 2014-2019 yang ditandatangani pada tanggal 27 November 2014.

Ditegaskan Heryawan, pentingnya pelestarian budaya ini karena sebagai manusia merupakan aktor utama dalam pembentukan budaya sebagai bagian dari kehidupan. Untuk itulah, lanjut Heryawan, Jawa Barat membentuk dewan kebudayaan dalam rangka menggerakkan pemeliharaan kebudayaan yang ada di Jawa Barat.

“Seharusnya manusialah yang menentukan kebudayaan yang ada di dalam berbagai kehidupannya. Bukan jenis budaya yang menentukan jenis manusia, karena boleh jadi ada budaya yang tidak tepat”, ungkap gubernur yang akrab disapa Aher itu. (Ecep Sukirman/A-147)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/319555



   

Berita Lainnya

KUATKAN GELIAT PARIWISATA JABAR MELALUI JALINAN KERJASAMA PEMPROV JABAR DENGAN INDUSTRI BERBASIS ON LINE
ALUN ALUN SUMEDANG : SATU LAGI RUANG PUBLIK YANG JUGA AKAN JADI DESTINASI WISATA
GEDUNG SATE SALAH SATU DESTINASI WISATA YANG WAJIB DIKUNJUNGI DI BANDUNG
Satu Lagi Ruang Publik Yang Juga Akan Jadi Destinasi Wisata
MUNAS PHRI 2020 : "PHRI SIAP BANGUN PARIWISATA INDONESIA"


Kembali Ke Index Berita