Berita
Pertunjukan “Peristiwa Lengkong” Teater Kolosal Ramaikan Peringatan Peristiwa BLA


Print


BANDUNG, (PRLM).- Peringatan peristiwa Bandung Lautan Api (BLA) bertajuk “Napak Tilas Sejarah Bandung Lautan Api”, Selasa (24/3/2015) turut dimeriahkan pementasan teater kolosal. Puluhan veteran pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jawa Barat dan masyarakat dihibur suguhan teater kolosal peristiwa Pertempuran Lengkong yang dibawakan kelompok teater Badalohor.

Berbeda dengan peringatan peristiwa sejarah biasanya, pada peringatan peristiwa Bandung Lautan Api, Selasa (24/3/2015) malam yang diselenggarakan Balai Pengelolaan Kepurbakalaan Sejarah dan Nilai Tradisional bersama Bandung Heritage, menggelar suguhan teater kolosal. Bertempat di Plaza Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monpera) Jalan Dipatiukur Bandung, puluhan pelaku sejarah peristiwa Bandung Lautan Api dan masyarakat disuguhi teaterikal kolosal sangat menarik.

Seni teater yang biasanya didukung tata suara dan musik, dalam pertunjukan “Peristiwa Lengkong”, penonton disuguhi suara rentetan senjata dan granat dari petasan. Tata cahaya turut memperkuat suasana yang penuh oleh asap yang keluar dari petasan.
Senjata asli yang dipergunakan dan pakaian seragam tentara Sekutu, semakin menambah kekuatan pertunjukan yang berlangsung selama 60 menit. “Sebuah pertunjukan sangat menarik dan menyentuh, sangat luar biasa,” ujar Mira mahasiswi Unpad Bandung diamini rekan-rekannya tentang pegelaran teater kolosal “Peristiwa Lengkong” yang dibawakan kelompok teater Badalohor. (Retno eriyanto/A-147)***
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/321053



   

Berita Lainnya

Laporan Mingguan Divisi Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat
Rapat Koordinasi Divisi Pariwisata, Telekomunikasi dan Tranportasi
Kadisparbud Jabar Menerima Kanditat Putri Pariwisata Nasional
Kolaborasi Program Gerakan Penanaman 50 Juta Pohon
Bekerja sama Membangun Bangsa, Berkarya Kreatif di Masa Pandemi


Kembali Ke Index Berita