Berita
Caringin Tilu, Destinasi Wisata Lokal Kabupaten


Print


Caringin Tilu merupakan kawasan wisata yang berada di wilayah Bandung Utara, tepatnya berada di Kawasan Kampung Cisayur, desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. sebutan Cisayur memang tak salah jika melihat hamparan kebun sayur di sepanjang jalan yang berada di ketinggian ini. Bahkan, wilayah ini bisa dikatakan salah satu sentral sayuran yang memasok sayur mayur untuk kota Bandung.

Objek wisata alam Caringin Tilu adalah alternatif wisata yang ada di Kota Bandung. Caringin Tilu adalah sebuah kawasan di Bandung yang menyimpan beragam potensi, terutama alamnya yang eksotis.

Di luar sayur mayur, keindahan alam adalah daya tawar lain yang diberikan Caringin Tilu di tempat ini, pengunjung bisa melihat seperti apa penampakkan Kota Bandung. Terlebih jika mengunjungi tempat ini saat malam hari, maka kerlap-kerlip lampu yang menjadi sarana penerangan kota akan terlihat seperti permata di gelapnya cekungan Bandung.

Dinamakan di Caringin Tilu

Sebelum mengetahui apa yang ada di lokasi ini, sepintas pembahasan tentang Caringin Tilu mungkin bisa memberikan gambaran singkat tentang lokasi ini. Caringin Tilu atau lebih dikenal sebagai Cartil, jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Beringin Tiga. Penamaan ini memang mengacu pada keberadaan tiga pohon beringin di puncak bukit.

Pohon beringin tersebut, menurut informasi dari warga setempat konon ditanam oleh Ir. Soekarno semasa penjajahan dulu. Sayang, salah satu pohon bersejarah yang juga menjadi ikon lokasi ini, kini telah tumbang akibat hempasan angin. Sekali pun demikian, tiga pohon beringin tetap merupakan sejarah yang tak bisa dilupakan dalam penamaan Caringin Tilu.

Lokasi ini sebenarnya telah dikenal sebagai objek wisata puluhan tahun silam. Meski peruntukkan wisata masih sebatas rekreasi warga Bandung yang berada di sekitar objek wisata alam Caringin Tilu. Eksotisme alam dan munculnya beberapa warung di kawasan ini, secara langsung mengubah wajah Cartil yang dulu sepi dan hanya dikunjungi sewaktu-waktu, menjadi ramai dan bisa dikunjungi setiap waktu.

Warung yang berdiri di sepanjang jalan dan tepat di puncak bukit ini, umumnya menawarkan menu-menu sederhana dan menu-menu instan. Namun jangan salah, sekali pun di mata kuliner menu tersebut tak terlalu menarik, nemun menikmati hidangan di tengah suasana alam yang indah dan sejuk, tentunya bukanlah sesuatu yang biasa.

Muhamad Basuki
Sumber : http://www.galamedianews.com/wisata/21684/caringin-tilu-destinasi-wisata-lokal-kabupaten-bandung.html



   

Berita Lainnya

JANGAN LEWATKAN ASIA AFRICA CARNIVAL 2019, SALAH SATU EVENT JABAR YG MASUK 100 WONDERFUL COE INDONESIA 2019
KEMILAU ASIA AFRICA bagian dari ROAD TO ASIA AFRICA FESTIVAL 2019
JADIKAN FESTIVAL SEBAGAI RUANG EKSPRESI DAN MEDIA UNTUK TUMBUHKAN KREATIVITAS DAN INOVASI PELAKU EKONOMI KREATIF DI BERBAGAI ASPEK DI JAWA BARAT
KEBERADAAN LAYANAN MODA TRANSPORTASI MENUJU BANDA UDARA INTERNASIONAL JAWA BARAT KERTAJATI JADI FAKTOR PENDUKUNG PERTUMBUHAN PARIWISATA JAWA BARAT
SUMMERSCHOOL ASTRONOMY


Kembali Ke Index Berita