Berita
Kegiatan Jumat Bersihkan Sasar Tempat Wisata


Print


PARIGI, (PRLM).- Sejumlah personel dari Dinas Pariwisata Pangandaran, Polsek Pangandaran, Koramil, Balawista dan sejumlah warga melakukan aksi jumat bersih di sepanjang bibir pantai Pangandaran, Jumat (8/5/2015) lalu. Kegiatan Jumsih pertama oleh Dinas Pariwisata Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran ini dilakukan sebagai pengaplikasian sapta pesona yang merupakan tujuh unsur pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata.

"Ini menjadi bagian program kerja kami. Unsur sapta pesona seperti kebersihan, keamanan, dan kenyaman kami coba untuk benar-benar diaplikasikan di lapangan," kata Kepala Bidang Destinasi Wisata Disparperindagkop Kabupaten Pangandaran Dadang Okta ditemui di sela-sela kegiatan Jumsih.

Pelaksanaannya, kata Dadang, sementara dilakukan bergiliran di tempat-tempat wisata lain yang ada di Kabupaten Pangandaran seperti Batu Karas, Batu Hiu, dan Green Canyon. Kegiatan ini pun diharapkan bisa menjadi pemicu bagi masyarakat sekitar agar mau bergerak dan bersama-sama menjaga kebersihan.

"Kami lakukan bertahap, minggu depan di Batu Karas, selanjutnya Batu Hiu. Setelah ini berjalan kami evaluasi masyarakat seperti apa," ucapnya.

Ke depan, pihaknya pun tengah mempersiapkan tiga orang petugas kebersihan yang berasal dari masyarakat untuk mengkoordinir kegiatan kebersihan di sepanjang Pantai Pangandaran setiap harinya. Namun karena keterbatasan anggaran, petugas kebersihan ini bersifat tenaga sukarela dan belum menjadi tenaga kontrak resmi.

"Rencananya kami gaji mereka Rp 600.000 per bulan. Mudah-mudahan bisa menginspirasi masyarakat yang lain," ujarnya.

Adapun kesadaran masyarakat dalam menata pariwisata Pangandaran diakui Dadang sebenarnya sudah semakin membaik. Ini salah satunya dilihat dari kesadaran para relawan dan pedagang yang berada di sekitar Pangandaran dalam memungut sampah di sekitar areanya. Namun, diakuinya untuk kebersihan secara besar memang perlu peran serta pihak-pihak yang mengkoordinir.

"Kalau mengajak mudah. Tapi kami lihat evaluasinya gimana dari kegiatan-kegiatan seperti ini. Diharapkan semakin membaik lah," katanya.

Sementara itu Kapolsek Pangandaran, Suyadi yang juga ikut ambil bagian dalam kegiatan Jumsih ini menuturkan, mengajak serta masyarakat untuk bersama-sama membersihkan pantai memang harus terus dilakukan. Hal tersebut mengingat pariwisata di Pangandaran yang memang menjadi andalan. Pihaknya bersama TNI pun sempat beberapa kali melakukan kegiatan serupa.

"Instansi-instansi lain pun ya hendaknya bergiliran. Karena kegiatan wisata salah satunya kan didukung oleh kebersihan dan kenyamanan. Selain kami yang bertanggung jawab pada keamanan," kata Suyadi. (Muhammad Irfan/A-147)***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/wisata/2015/05/08/326501/kegiatan-jumat-bersihkan-sasar-tempat-wisata



   

Berita Lainnya

Disparbud Jabar Terbaik ke II di TKKSD Award 2019 Provinsi Jawa Barat
Bekasi Tourism Exhibition 2019
TUMBUHKAN BUDAYA SPORTIVITAS MELALUI OLAH RAGA
JANGAN LUPA RAMAIKAN - Festival Kuliner Legendaris Bogor
WEST JAVA DIPLOMACY FAIR 2019


Kembali Ke Index Berita