Berita
Curug Tilu Leuwi Opat, Wisata Air Terjun di Bandung


Print


SELAIN menyajikan pemandangan alam yang menenangkan, Curug Tilu Leuwi Opat di Bandung juga menyediakan wahana permainan luar ruangan. Dengan pengembangan berkelanjutan di kawasan wisata ini, kemungkinan besar, akan lebih banyak fasilitas baru yang bisa dinikmati pengunjung.

Curug Tilu Leuwi Opat berlokasi di Ciwangun Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Tempatnya tidak jauh dari Lembang. Letaknya pun berdekatan dengan Curug Cimahi.

Pada hari kerja, Curug Tilu Leuwi Opat cenderung sepi pengunjung tetapi saat akhir pekan, tempat ini diserbu wisatawan tak terkecuali mereka yang berasal dari luar kota. Terdapat banyak lokasi yang cocok untuk dijadikan latar belakang seffie. Tak ayal, banyak para pemburu selfie berdatangan ke sana.

Kendeati namanya Curug Tilu Leuwi Opat sejatinya ada empat curug (air terjun) di sana yaitu Curug Aseupan, Curug Tilu, Curug Cilaki, dan Curug Citulang. Sementara itu, ada empat leuwi (sungai) yaitu Leuwi Baeud, Leuwi Gentong, Leuwi Kacapi, dan Leuwi Bagong.

Selain itu, terdapat pula dua goa di asna yaitu Goa Lalay dan Goa Tokek. Dinamai demikian karena kedua hewan itulah yang banyak menguni bagian dalam gua.

Dari empat curug tersebut, ada yang masih dalam tahap renovasi yaitu Curug Tilu.Di Curug Tilu terdapat air terjun yang memesona di tambah tebing yang tinggi menjulang.

Di Curug Tilu, dalam waktu dekat, pengunjung akan bisa berenang. Namun mengingat kedalamannya yang mencapai 9 meter, area yang bisa diapakai untuk berenang akan dibatasi demi keselamatan dan menyamanan.

Sejumlah fasilitas yang kini sudah tersedia di Curug Tilu Leuwi Opat yaitu kamar mandi yang nyaman, musala, dan warung-warung makanan yang menyediakan makanan dengan harga murah.

Uniknya, lingkungan di sekitar Curug Tilu Leuwi Opat masih sangat asri dan alami. Curug masih diselimuti hutan yang lebat.

Karena itu, jika ingin mengunjungi Curug Tilu, wisatawan sebaiknya memakai alas kaki yang layak karena medan jalan menuju ke sana licin dan berbatu. Konturnya pun mendaki. Jadi, siapkan stamina. (Dadan Ginanjar)***
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/wisata/2017/06/07/curug-tilu-leuwi-opat-wisata-air-terjun-di-bandung-402670



   

Berita Lainnya

Keraton Kasepuhan Cirebon Bersiap Jelang Festival Keraton Se-Nusantara
Pengunjung Taman Mini Disuguhi Pergelaran Wayang Golek
Jadi Tuan Rumah Karnaval HUT ke-72 RI, Kota Bandung Bakal Memikat Wisatawan
3 Pertempuran Penting Rakyat Jabar Mempertahankan Kemerdekaan di Museum Monumen Perjuangan
Goa Bekas Tentara Jepang di Bandung Jadi Saksi Bisu Kejamnya Kerja Paksa


Kembali Ke Index Berita