Berita
Jika Geopark Ciletuh Sudah UGG, Investor Siap Bangun Bandara di Sukabumi


Print


Palabuhanratu, (PR).- Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyebut, telah ada calon investor yang berniat membangun bandara di kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP), Kabupaten Sukabumi. Investor tersebut akan segera melakukan pembangunan, bila UNESCO menetapkan kawasan Geopark menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). Pembangunan bandara dilakukan mengingat di Jawa Barat terdapat sejumlah destinasi wisata kelas dunia.

“Keberadaannya tidak hanya mampu mendorong multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Tapi dapat eningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, tahun ini investor akan segera membangun sebagai best practice untuk mengeksploitasi berbagai potensi alam di Jawa Barat,” katanya di Sukabumi, Jumat 4 Agustus 2017.

Selain itu, kata Deddy Mizwar, Pemprov Jawa Barat akan segera melakukan pembenahan sistem manajemen pengelolaan kawasan destinasi dunia itu. Begitu juga dengan memperbanyak upaya promosi seperti Festival Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Festival yang di laksanakan sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2017 itu mesti terus di pertahankan.

“Kemeriahan demi kemeriahan diharapakan dapat terus mendorong kawasan ini dikunjungi arus wisatawan. Mudah-mudahan dengan berbagai festival dan promosi kegiatan di kawasan itu, dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara,” katanya.

Deddy Mizwar pun meminta tim assesor UNESCO Global Geopark (UGG) tidak hanya segera mengumumkan hasil penilaian terhadap kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP). Lebih dari itu, dia berharap hasil penilaiannya sesuai dengan yang diharapkan warga Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat.
Pembenahan Geopark Ciletuh berlanjut

Deddy Mizwar menegaskan, tim dari organisasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu memang telah usai melakukan serangkaian penilaian. Tapi perbaikan sarana pendukung kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu akan terus berlanjut. Bahkan Pemprov Jawa Barat akan melakukan serangkaian koordinasi dengan Kementarian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera mendukung seluruh sarana dan parasarana ke kawasan wisata tersebut.

“Saya berjanji akan terus mendukung pengembangan geopark, dengan akan dibangunnya seluruh sarana dan prasarana yang belum ada. Saya telah berkoordiansi dengan pemerintah pusat. Mudah-mudahan Kementrian Perhubungan di Jakarta dapat segera membangun sarana infrastruktur dikawasan Geopark,” katanya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hammami mengatakan, potensi Geopark Ciletuh Palabuhanratu tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia. Bahkan keberadaannya tidak hanya masih alami, tapi memiliki pemandangan yag sangat luar biasa.

“Kerena potensi itulah, Geopark Ciletuh akan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan,” katanya.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/08/04/jika-geopark-ciletuh-sudah-ugg-investor-siap-bangun-bandara-di-sukabumi-406735



   

Berita Lainnya

Aher Raih Penghargaan Pejabat Peduli Museum
110 Surfer Hadir Di Amazing Geopark Adventure Tourism
Kesejukan Air Curug Cimedang Jadi Daya Tarik Wisatawan
Ada Dua Cagar Budaya Baru di Bekasi
Curug Parigi Bantargebang Ditata sebagai Objek Wisata


Kembali Ke Index Berita