Berita
Jembatan Gantung Terpanjang, Wisata Baru Sukabumi


Print


Kabupaten Sukabumi akan segera menyuguhkan destinasi wisata anyar. Jembatan gantung yang didaulat sebagai yang terpanjang di Sukabumi, dapat menjadi alternatif wisata bagi pencinta adrenalin.

Namun saat ini pesona jembatan gantung terpanjang di Sukabumi belum bisa dinikmati wisatawan. Jembatan yang terletak di Kampung Pasanggrahan, Desa Gunung Pangrango Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi itu belum rampung pengerjaannya.

Petugas gabungan dari unsur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Makodim 0607, dan Mapolres Sukabumi Kota masih melarang para wisatawan melintasi jembatan tersebut. Selain masih belum diresmikan penggunaannnya, larangan dikeluarkan, karena keberadaan jembatan tersebut masih belum rampung pengerjaannya.

Petugas menilai jembatan masih sangat berbahaya untuk dilintasi. Apalagi ada beberapa bagian pengaman jembatan yang masih belum terpasang. Terutama batas pengamanan yang berada persis di samping kiri dan kanan dari pada jembatan gantung tersebut.

Komandan Rayon Militer (Danramil) Cisaat, Mahmud mengatakan, dikhawatirkan dapat menimbulkan korban jiwa jika jembatan yang belum rampung tersebut dilalui wisatawan.

“Karena itu, kami menempatkan sejumlah petugas diperlintasan jembatan tersebut. Jembatan gantung msih ditutup untuk umum,” katanya.

Mahmud membenarkan keberadaan jembatan tersebut sangat menawan para wisatawan. Selain menawarkan keindahan dan kesejukan karena berada diareal hutan, juga para wisatawan dapat sejaligus meikmati dua keindahan dan obyek wisatan sekaligus.

Terpaksa bersabar

Setiap akhir pekan, ribuan wisatawan datang ke kawasan tersebut untuk menikmati pesona hutan damar yang berada di areal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Mereka juga sangat antusias untuk bisa menyebrangi jembatan gantung yang disebut-sebut menjadi yang terpanjang dan tertinggi di Jawa Barat tersebut.

Sayangnya, mereka terpaksa harus bersabar untuk kembali datang lain waktu demi bisa menjajal jembatan tersebut.

Jembatan yang menghubungkan obyek wisata Situgunung kekawasan Curug Sawer itu, memiliki ketinggian mencapai 150 meter dari atas tanah. Jembatan membentang hingga mencapai 250 meter, menyuguhkan panorama yang sangat indah sehingga sangat dinanti-nanti para wisatawan.
Belum dinamai

Mahmud mengatakan jembatan tersebut masih belum memiliki nama. Pihak kecamatan telah mengusulkan tiga nama.

Usulan pertama adalah dinamai jembatan Damar Cinta, karena berada diatas areal hutan pohon damar.

“Juga (diusulkan-red) nama sosok tokoh terkemuka karena memiliki kesaktian asal Kadudampit, yakni jembatan Mbah Jalun. Tapi ada yang berkendak dinamai jembatan pesona Situgunung karena berada diaeral Situgunung,” katanya.***
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2018/01/07/jembatan-gantung-terpanjang-wisata-baru-sukabumi-417363



   

Berita Lainnya

Kemeriahan Helaran Seni Budaya Dan Pawai Mobil Hiaskota Bogor, Minggu 12 Agustus 2018
Helaran Seni Budaya Dan Pawai Mobil Hias Kota Bogor, Minggu 12 Agustus 2018
MoU Kemenpar RI Dengan Orchid Forest Cikole Lembang Sebagai Co Branding Partners
Mari Bantu Saudara Saudara Kita Yang Sedang Mengalami Cobaan
Mari Ramaikan Pasar Cijaringao, Pasar Digital Jawa Barat Yang Bakal Digelar Di Kabupaten Bandung, 12 Agustus 2018


Kembali Ke Index Berita