Berita
Mengenang Jasa Sang Maestro Mr Robin, Naikkan Martabat Seni Sulap jadi Dihormati di Indonesia


Print


Sebuah Festival Sulap digelar di Gedung YPK, Bandung, Minggu (13/5/2018), untuk mengenang maestro sulap Indonesia Mr. Robin. Penanggung Jawab Festival Sulap Jawa Barat 2018, Taufik Faturohman, mengatakan bahwa Mr. Robin telah berjasa bagi dunia sulap Indonesia.

Banyak pesulap terkenal saat ini merupakan hasil didikan Mr. Robin. “Dia telah melahirkan pesulap semisal Deddy Corbuzier, Joe Sandy, Steve Marchello, Rizuki, Ivan Christian, Robert Stevan, dan lain-lain,” ujar Taufik.

Dalam gedung pertunjukan, penonton bisa melihat benda-benda yang dapat membangkitkan memori tentang Mr. Robin. Di sisi kanan gedung pertunjukan terdapat properti sulap yang pernah digunakan Mr. Robin. Selain itu, ada pula foto Mr. Robin yang dibingkai dan digantung di dinding gedung pertunjukan.

Menurut Taufik, satu di antara jasanya adalah mengangkat seni sulap menjadi sebuah seni yang dihormati di Indonesia. “Jadi, yang paling kelihatan jasanya itu mengangkat seni sulap dari tingkat paling dasar sampai tingkat paling dihormati. Dulu kan orang melihat iklan sulap di pohon saja, iklannya bersamaan dengan iklan sedot wc dan pembantu rumah tangga,” ujarnya.

Mr. Robin lahir pada 1952 dan meninggal pada tahun 2009 di kediamannya di Cimahi. Prestasi beberapa pesulap Indonesia yang telah memenangkan kompetisi sulap di berbagai belahan dunia, kata Taufik, satu di antara faktornya adalah jasa dari Mr. Robin.

Mr. Robin sebagai orang asli Jawa Barat juga berjasa mencetak pesulap handal dari Jawa Barat. “Setiap event pertandingan sulap, juaranya banyak dari Jawa Barat, semisal Rizuki juara The Master itu orang Bandung, Joe Sandy, itu orang Subang,” ujar Taufik menyontohkan.

Dalam Festival Sulap Jawa Barat 2018 “Tribute to Mr. Robin” ini dimeriahkan penampilan 40 pesulap dari berbagai daerah. Bahkan beberapa di antara pesulap yang tampil berasal dari Thailand dan Korea Selatan.

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Yudha Maulana
Sumber : http://jabar.tribunnews.com/2018/05/14/mengenang-jasa-sang-maestro-mr-robin-naikkan-martabat-seni-sulap-jadi-dihormati-di-indonesia



   

Berita Lainnya

Historical Landing Di Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati, Kamis, 24 Mei 2018
H-1 Persiapan Beroperasinya Bandar Udara Internasional Kertajati
Persiapan Beroperasinya Bandar Udara Internasional Kertajati
Disparbud Prov.Jabar Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Asian Games XVII/2018 Di Jawa Barat
Kekeluargaan Dan Silaturahim Adalah Aspek Penting Dalam Menjalin Kekompakan Kerja


Kembali Ke Index Berita