Berita
Pariwisata Cirebon Kurang Dukungan




CIREBON– Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon mengeluhkan minimnya dukungan dari sektor lain dalam meningkatkan pariwisata di wilayahnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Abidin Aslich mengakui, perkembangan pariwisata di Kota Cirebon belum dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan. Hal itu, kata dia, karena dukungan dari dinas atau instansi terkait masih rendah. “Dukungan pariwisata bukan hanya terletak pada tempat wisata itu sendiri.Tapi, terkait pula dengan sektor lain seperti kebersihan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), fasilitas umum semisal jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum,hingga keamanan. Nah, sektor-sektor ini belum optimal,” kata dia di ruang kerjanya, kemarin.

Dia menilai, rendahnya dukungan dari instansi terkait juga diperparah dengan kondisi ketersediaan anggaran yang minim. Menurut dia,Bidang Pariwisata Disporbudpar hanya mengantongi Rp400 juta dalam APBD 2011. Anggaran itu pada umumnya digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang mendukung pariwisata. Di antaranya pameran pariwisata, pentas seni,hingga pengiriman duta seni,baik ke tingkat provinsi maupun nasional.

Pihaknya pun menduga,belum optimalnya dukungan sektor lain juga akibat minimnya alokasi anggaran pada instansi pemerintah lainnya. Sementara itu,Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cirebon Edy Kriswanto mengakui,jika pihaknya belum optimal melakukan dukungan terhadap pariwisata kota. Selama ini,kata dia,Dinas Kebersihan hanya menangani sampah yang sifatnya skala kota.

“Anggaran DKP, khususnya kebersihan,untuk penanganan kebersihan umum, terutama sampah kota. Tidak ada untuk pariwisata. Yang ada juga masih minim karena disesuaikan APBD,”ungkapnya. Meski tak merinci besaran anggaran untuk ini, dia menyebut alokasi anggaran digunakan untuk kegiatan terutama yang berkaitan dengan sampah.

Di antaranya pengadaan mobil pengangkut sampah, pemeliharaan kontainer, pengadaan gerobak sampah,alat kebersihan, dan masih banyak lagi.

Sumber : http://seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/435633/



   

Berita Lainnya

Saksikan Bunga Bangkai Mekar
Tari Topeng Klana Buka Pameran Hari Koperasi
Ketika Para Seniman Garut Ngabuburit
Bandung Barat Tambah Destinasi Wisata Baru
Asyiknya Ngabuburit di Museum Sri Baduga


Kembali Ke Index Berita