Berita
SIDANG PENETAPAN WARISAN BUDAYA TAKBENDA INDONESIA


Print


13 KARYA BUDAYA JAWA BARAT TELAH DITETAPKAN SEBAGAI WARISAN BUDAYA TAK BENDA INDONESIA TAHUN 2019
Sebanyak 13 karya budaya Jawa Barat telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2019, yaitu :
1.Badawang
2.Bajidoran
3.Blenderan
4.Benjang
5.Cingcowong
6.Domyak
7.Kawin Cai
8.Panjang Jimat Kasepuhan Cirebon
9.Reak Dogdog
10.Seren Taun Cigugur
11.Seren Taun Banten Kidul (Kab. Sukabumi)
12.Tari Trebang Randu Kintir
13.Topeng Banjet

Penetapan dilakukan setelah seluruh provinsi melalui sidang di hadapan 15 org tenaga ahli yang merupakan pakar di bidangnya dan datang dari berbagai unsur. Sidang dilakukan sejak tgl 13-16 Agustus 2019 di Hotel Milenium, Jakarta.
Penetapan yang dihadiri langsung oleh Direktur Jendral Kebudayaan, Hilmar Farid dan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamudin Ramly ini, menetapkan sebanyak 267 karya budaya dari 31 provinsi sedangkan 5 karya budaya masih ditangguhkan.

Tahun 2019 Jabar mengusulkan 13 karya budaya dan semua telah ditetapkan setelah Kepala Disparbud Prov. Jabar yang diwakili oleh Kabid Kebudayaan, Febiyani dan didampingi oleh BPNB Jawa Barat, Irvan, memenuhi catatan dan tanggapan para tenaga ahli terhadap 4 usulan karya budaya yang semula masuk ke dalam kategori "lolos dengan catatan".

Kadisparbud Prov.Jabar, Dedi Taufik mengajak pemerintah kab/kota di Jawa Barat bersama semua pihak untuk semakin serius menangani pengusulan karya budaya didaerahnya agar ditetapkan sebagai WBTb Indonesia.

Dedi menegaskan bahwa hal ini merupakan upaya untuk melindungi karya budaya kita sebagaimana yang diamanatkan dalam UU no.5/2018 ttg Pemajuan Kebudayaan.

Penyerahan sertifikat direncanakan dilaksanakan di Istora Senayan pada tanggal 8 Oktober 2019 oleh Presiden RI, dirangkaikan dengan penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional 2019.

Sumber : http://www.instagram.com/p/B1Our66BoAK/



   

Berita Lainnya

DUKUNGAN TERHADAP ASOSIASI PARIWISATA DAN STAKEHOLDER LAINNYA ADALAH SALAH SATU BENTUK KOMITMEN PEMPROV JABAR DALAM WUJUDKAN JABAR SEBAGAI PROVINSI PARIWISATA
BANDUNG SILAT CHAMPIONSHIP 2020
KOORDINASI DAN JALINAN KEMITRAAN JADI KUNCI KEBERHASILAN MANAJEMEN KRISIS KEPARIWISATAAN (MKK) JABAR
WEST JAVA TOURISM SUMMIT SIAP DIGELAR DI TAHUN 2020
AWALI GIAT DI TAHUN 2020, KADISPARBUD PROV.JABAR AJAK SELURUH ASN DAN MITRA KERJA UNTUK TINGKATKAN KENYAMANAN DI DESTINASI WISATA, DIMULAI DENGAN GERAKAN KEBERSIHAN DI SEPUTAR KAWASAN MONUMEN PERJUANGAN JAWA BARAT.


Kembali Ke Index Berita