Berita
Kadisparbud Jabar Terima Rekomendasi Usulan Penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Provinsi Jawa Barat Tahun 2021


Print


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Dr. H. Dedi Taufik, M.Si menerima usulan penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Provinsi Jawa Barat tahun 2021. Proses serah terima dilakukan di Ruang Gallery Disparbud, Sabtu 20 Februari 2021 bersama anggota Komisi V DPRD Jawa Barat sekaligus Ketua WBTB Jawa Barat Dr. Bucky Wibawa Karya Guna, M.Si.

Tahun ini ada 32 produk yang diajukan ke pemerintah pusat untuk ditetapkan sebagai WBTB Provinsi Jawa Barat. Kadisparbud menyatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan dari sisi pemanfaatan.

"Ini supaya budaya kita tidak hilang. Namanya juga warisan budaya, kita harus selalu angkat semua ini dengan sisi pemanfaatan," ungkapnya.

Hal tersebut disetujui oleh Ketua WBTB. Diharapkan kebudayaan asli Jawa Barat tetap eksis dan dikenal oleh generasi yang akan datang.

"Pasti harapan kita, usulan ini bisa diterima oleh kementrian. Ini menjadi dasar bagaimana kita punya dokumentasi dan pengakuan terhadap produk-produk warisan budaya yang ada di Jabar, tidak hanya kesenian," ucapnya.

"Kalau dikaitkan dengan undang-undang pemajuan kebudayaan yang disampaikan oleh Pak Kadis, ini menjadi dasar agar bisa dipromosikan, dilestarikan, dan bahkan dimanfaatkan oleh para seniman. Dengan begitu, mereka kehidupannya bisa menjadi lebih baik. Karyanya pun juga bisa diterima oleh masyarakat di era sekarang," tuturnya.

Ke depannya, Kadisparbud berharap kolaborasi berjalan dengan baik sehingga WBTB Jabar bisa dipromosikan hingga dikenal oleh masyarakat luas.

Sumber : http://www.instagram.com/p/CLg8unaB7rx/



   

Berita Lainnya

Sukageuri View di Kuningan
Sosialisasi Borongdong.id di Lingkungan Disparbud Jabar
Kolaborasi Pemprov Jabar dan Pemkab Cianjur Benahi Aset Destinasi Wisata
Babalonan Sarung
Seni Topeng Jigprak


Kembali Ke Index Berita