Tugas Pokok Dan Fungsi (Tupoksi)
DISPARBUD PROV. JABAR

Deskrpisi :
Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor : 73 Tahun 2009 tentang Tugas Pokok, Fungsi, Rincian Tugas Unit dan Tata Kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.



Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mempunyai tugas pokok yaitu melaksanakan urusan pemerintahan Daerah di bidang pariwisata dan kebudayaan berdasarkan asas otonomi, dekonsentrasi

dan tugas pembantuan.


Fungsi :
Penyelenggaraan perumusan dan penetapan kebijakan teknis kepariwisataan, kebudayaan, kesenian dan perfilman serta pemasaran.

Penyelenggaraan pariwisata dan kebudayaan meliputi kepariwisataan, kebudayaan, kesenian dan perfilman serta pemasaran.

Penyelenggaraan pembinaan dan pelaksanaan tugas-tugas pariwisata dan kebudayaan meliputi kepariwisataan, kebudayaan, kesenian dan perfilman serta pemasaran.

Penyelenggaraan koordinasi dan pembinaan UPTD.

Penyelenggaraan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.



    KEPALA DINAS

    Tugas :
    Menyelenggarakan perumusan, penetapan, memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan tugas pokok Dinas serta mengkoordinasikan dan membina UPTD.

    Fungsi :
    1.Penyelenggaraan perumusan, penetapan, pengaturan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan teknis kepariwisataan, kebudayaan, kesenian dan perfilman, pemasaran.

    2.Penyelenggaraan fasilitasi dan pengendalian pelaksanaan pariwisata dan kebudayaan.

    3.Penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama dalam rangka tugas pokok dan fungsi dinas.

    4.Penyelenggaraan koordinasi dan pembinaan UPTD

    SEKRETARIS

    Tugas :
    Menyelenggarakan koordinasi perencanaan dan program Dinas, pengkajian perencanaan dan program, pengelolaan keuangan, kepegawaian dan umum

    Fungsi :
    1.Penyelenggaraan koordinasi perencanaan dan program Dinas

    2.Penyelenggaraan pengkajian perencanaan dan program seKretariat

    3.Penyelenggaraan pengelolaan rusan keuangan, kepegawaian dan umum



    BIDANG KESENIAN DAN PERFILMAN

    Tugas :
    Menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis dan melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan kesenian meliputi seni tradisi, seni kontemporer dan perfilman, prasarana dan sarana kesenian.

    Fungsi :
    1. Penyelenggarakan pengkajian rencana dan program kesenian tradisional, seni kontemporer dan perfilman, serta prasarana dan sarana.

    2. Penyelenggaraan pengkajian bahan petunjuk teknis pelestarian pengembangan dan pemanfaatan seni tradisional, seni kontemporer dan perfilman, serta prasarana dan sarana.

    3. Penyelenggaraan pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan seni tradisional, seni kontemporer dan perfilman, serta prasarana dan sarana.

    4. Penyelenggaraan pengkajian bahan dan fasilitasi pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan seni tradisional, seni kontemporer dan perfilman, serta prasarana dan sarana.

    5. Penyelenggaraan pengkajian bahan dan fasilitasi hak atas kekayaan intelektual seni tradisional, seni kontemporer dan perfilman.

    BIDANG PEMASARAN

    Tugas :
    Menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi dan menyelenggarakan pemasaran kepariwisataan daerah.

    Fungsi :
    1. Penyelenggaraan kebijakan teknis pemasaran kepariwisataan daerah.

    2. Penyelenggaraan penyiapan bahan kebijakan, penetapan dan pedoman pelaksanaan pemasaran kepariwisataan skala Provinsi.

    3. Penyelenggaraan pengkajian bahan dan fasilitasi pemasaran kepariwisataan Daerah.

    4. Penyelenggaraan koordinasi dengan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan event promosi kepariwisataan Daerah.



    BIDANG KEPARIWISATAAN

    Tugas :
    Menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis dan fasilitasi penyelenggaraan pembinaan dan pengembangan produk kepariwisataan, meliputi produk pariwisata, usaha pariwisata, obyek dan daya tarik wisata serta pemberdayaan masyarakat pariwisata.

    Fungsi :
    1. Penyelenggaraan pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi dan pengembangan kepariwisataan meliputi produk pariwisata, usaha pariwisata, obyek dan daya tarik wisata, dan pemberdayaan masyarakat pariwisata.

    2. Penyelenggaraan pembinaan usaha pariwisata, obyek dan daya tarik wisata dan produk pariwisata sesuai dengan standardisasi usaha pariwisata.

    3. Penyelenggaraan pengembangan usaha pariwisata, produk pariwisata, obyek dan daya tarik wisata dan pemberdayaan masyarakat pariwisata.

    4. Penyelenggaraan pola pembinaan dengan kelembagaan pariwisataan.



    BIDANG KEBUDAYAAN

    Tugas :
    Menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi dan penyelenggaraan pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan meliputi permuseuman, peninggalan sejarah dan kepurbakalaan, kesejarahan, nilai tradisional dan kebahasaan daerah.

    Fungsi :
    1. Penyelenggaraan kebijakan teknis kebudayaan.

    2. Penyelenggaraan pengkajian rencana dan program kebudayaan.

    3. Penyelenggaraan pengkajian bahan pedoman dan petunjuk teknis pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan.

    4. Penyelenggaraan pengkajian bahan dan fasilitasi pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan.

    5. Penyelenggaraan pelestarian, pemanfaatan dan pengembangan kebudayaan.