Artikel Terbaru

Masjid Agung Majalaya, Oasis di Tengah Hiruk-pikuk Kota Dolar

Terik matahari terasa menyengat kulit pada siang hari, di pusat perkotaan Majalaya. Suara tonggeret terdengar sayup ditelan deru mesin-mesin kendaraan di jalan raya. Derap kaki kuda delman sampai laju truk besar mengembuskan debu jalanan ke udara.

Tepat di tengah daerah yang pernah dijuluki sebagai Kota Dollar akibat perkembangan ekonominya yang pesat pada tahun 60-an ini, terdapat sebuah alun-alun. Di sekitarnya terdapat deretan pepohonan yang dijadikan tempat berteduh warga, maupun tempat berjualan bagi para pedagang kaki lima.

Di seberang alun-alun tampak sebuah bangunan beratap tumpang empat tingkat, menjadi lima tingkat jika atap beranda depannya ikut dihitung. Belasan warga dan pelajar selanjutnya ...


Mengenal Sejarah Bandung dari Unsur Katanya

Kata Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan ,karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga. Legenda yang diceritakan oleh orang-orang tua di Bandung mengatakan bahwa nama Bandung diambil dari sebuah kendaraan air yang terdiri dari dua perahu yang diikat berdampingan yang disebut perahu bandung yang digunakan oleh Bupati Bandung, R.A. Wiranatakusumah II, untuk melayari Ci Tarum dalam mencari tempat kedudukan kabupaten yang baru untuk menggantikan ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Berdasarkan filosofi Sunda, kata Bandung juga berasal dari kalimat Nga-Bandung-an Banda Indung, yang merupakan kalimat sakral dan luhur karena mengandung nilai ajaran Sunda. Nga-Bandung-an artinya menyaksikan selanjutnya ...


Artikel Selengkapnya >>


Data Terbaru