Artikel Terbaru

Gunung Tangkubanparahu Menyingkap Tabir Keindahan

BERWISATA ke Gunung Tangkubanparahu semakin berkesan kalau dibarengi eksplorasi ilmiah di lapangan.

Meski kini ada ratusan objek wisata baru di wilayah seputar Bandung, tapi Gunung Tangkubanparahu tetap bertahan sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Jumlah wisatawan dalam dan luar negeri membeludak, terutama setiap akhir pekan.

Mereka yang datang ke objek wisata ini, tentu memiliki latar belakang budaya dan pendidikan beragam. Masing-masing bahkan punya motif sendiri datang ke gunung yang berada di ketinggian 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini.

Paling banyak, yaitu mereka yang ingin menikmati keindahan alam tempat yang kerap dikaitkan dengan cerita rakyat selanjutnya ...


Wayang Cepak Indramayu di Tepian Zaman

Tidak seperti 'sahabat' seni wayang lainnya, nasib Wayang Cepak di Indonesia memprihatinkan. Saking mirisnya, kini di Indramayu dalang wayang menak itu hanya tersisa satu orang.

Satu orang itu adalah Ki Akhmadi. "Ya, sekarang dalang wayang cepak hanya Ki Akhmadi. Dia tinggal di Desa Paoman Kabupaten Indramayu," kata Peneliti Wayang Cepak, Rofiqoh Djawas kepada INILAH.

Rofiqoh pun mendapatkan gambaran yang lebih menyakitkan di lapangan. Saat penelitian, dia mendapatkan 'penolakan' untuk memperoleh data dari Pemerintahan Kabupaten Indramayu. Pemkab setempat seperti mengharamkan.

"Bukan cuma kondisi pewarisan yang sangat miris, pemerintahan daerah (Indramayu) setempat pun tidak memberikan dukungan (untuk pelestarian selanjutnya ...


Artikel Selengkapnya >>


Data Terbaru