Curug Ciismun

14-12-2011 Kabupaten Cianjur 3647 baca


Curug Ciismun memiliki ketinggian sekitar 25 m dengan kaki air terjunnya selebar sekitar 5 m.  Air curug ini terjun dari sudut pertemuan bukit Agropolitan dengan bukit Cibodas. dan berada di ketinggian 1275 m dpl.
 
Lokasi
Terletak di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, tepatnya di Desa Cimacan, Kecamatan Pacet  Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.
Peta dan Koordinat GPS :6° 44' 22.49" S  107° 0' 45.93" E  
 
Aksesbilitas
Berjarak sekitar 85 km dari Bandung atau sekitar 23 km dari Cianjur. Untuk menuju kawasan Kebun Raya Cibodas dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.  Untuk pengguna kendaraan pribadi perjalanan ke kawasan ini (hingga belokan masuk yang berada di sebelah kanan jalan besar jika dari Bogor) membutuhkan waktu tempuh lebih kurang 1,5 jam dari kota Bogor jika perjalanan lancar alias tidak macet.  Selanjutnya dari belokan masuk tersebut (pertigaan Cibodas dikenal dengan nama Pertigaan Paregrejen) untuk mencapai pintu gerbang kawasan masih membutuhkan kira-kira 15 menit (sekitar 5 km jarak tempuhnya).
Sedangkan bagi pengguna kendaraan umum dari kota Bogor atau Bandung dapat berhenti di belokan di atas yang kemudian dilanjutkan dengan kendaraan umum  dengan rute Cipanas-Rarahan hingga pemberhentian terakhir di Pasar Cibodas dekat Balai Taman Nasional Gede-Pangrango.  Selanjutnya dari pemberhentian akhir angkot ini diteruskan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk utama Timur Kebun Raya Cibodas.  Dari pintu masuk Kebun Raya ini jarak ke lokasi Curug Ciismun sekitar 2 km yang dicapai dengan berjalan kaki melewati track (lintasan) berbatu selama kurang lebih 30 menit.  
 
Selain lewat pintu gerbang utama yang terletak di depan dengan cara langsung turun dari arah bukit Kebun Raya Cibodas, dapat juga melalui pintu belakang (pintu barat).  Untuk menuju pintu belakang ini dengan melewati komplek Pasar Cipanas jika dari arah Bandung.  Tepat sebelum pasar ambil belokan ke kiri sekitar 3 kilometer hingga tiba di pintu belakang. Kondisi jalan lewat arah ini cukup macet karena dekat pasar dengan banyak angkot yang ngetem, jalan yang sempit, menanjak dan banyak tikungan patah. 
 
Perjalanan kearah curug ini dari pintu belakang dilanjutkan dengan cara jalan kaki melalui jalan setapak beralasakan batu kali menelusuri tepian sungai kecil yang menanjak. Jarak ke curug ini dari pintu belakang ini sekitar 1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.
 
Tiket dan Parkir  
Tiket masuk ke kawasan Kebun Raya Cibodas adalah Rp 6000 untuk orang dewasa dan Rp 3000 untuk anak-anak.   Jika membawa mobil, mobilnya boleh dibawa masuk dengan membayar uang masuk parkir sebesar Rp 15500.  Sebelumnya membayar tiket masuk di pintu gerbang kebun raya sebesar Rp. 2.000 per orang dan Rp 5.000 untuk mobil.
 
Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia lintasan (track) berbatu yang sudah ditata hingga lokasi curug.  Juga toilet untuk membersihkan diri seusai menikamti kesegaran air terjun.
 
Informasi
Kebun Raya Cibodas-LIPI
Sindang Laya Cianjur Jawa Barat PO Box 19 SDL
0263-512233, 511385

www.sites.google.com 



Objek Wisata Lainnya