Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas

18-08-2016 Kabupaten Bogor 24507 baca

Print


Sebagai salah satu lahan perkebunan teh terluas di Provinsi Jawa Barat, Kawasan Agrowisata Perkebunan Teh Gunung Mas selalu menjadi primadona pariwisata di Provinsi Jawa Barat, khususnya untuk target pasar wisatawan Jakarta, Bogor Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK) dan sekitarnya. Kawasan yang terdapat di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat ini memiliki iklim sejuk dengan suhu rata – rata 18 – 22oC serta ketinggian 800 – 1200 m diatas permukaan laut.
PANORAMA ALAM
Kawasan ini menjanjikan suasana khas alam pegunungan dan perkebunan teh. Tidak hanya panorama alam yang memukau, terdapat beranekaragam aktivitas berbasis alam lainnya  seperti Tea Walk, Pabrik Teh, Berkuda, dan Paralayang. Selain itu, Perkebunan The Gunung Mas juga dilengkapi dengan penginaan, Tea Corner serta Fasilitas penunjang lainnya seperti Ruang Pertemuan, Areal Kemping, Lapangan Tenis dll.
PABRIK TEH DAN AKTIVITAS TEA WALKING
Salah satu keistimewaan kawasan ini adalah wisatawan dapat melihat proses pengolahan daun teh dan Tea Walking. Tea Walking merupakan aktivitas jalan santai mengelilingi areal perkebunan teh, menikmati hijaunya hamparan petak-petak daun teh, bersatu dengan alam di tengah udara yang sejuk dan kadar oksigen tinggi. Selanjutnya, wisatawan dapat menyaksikan proses tradisional pemetikan daun teh, dipandu oleh seorang pemandu lokal. Tersedia penawaran rute dengan varian jarak yakni 4 km, 6 km, dan 8 km. Adapun perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam sampai dengan 2,5 jam.
BERKUDA DAN TERBANG LAYANG
Aktivitas lainnya yang terdapat di Perkebunan Teh Gunung Mas adalah berkuda dan paralayang. Aktivitas berkuda mengelilingi kebun teh dapat dipilih berdasarkan rute, sehingga wisatawan dapat merasakan sensasi berkeliling dari satu tempat ke tempat lain. Selanjutnya aktivitas paralayang. Adapun aktivitas ini cocok untuk wisatawan minat khusus, tentunya dengan dilengkapi peralatan dan alat penunjang keamanan yang memadai. Melalui aktivitas ini, dapat terlihat panorama bentang alam Perkebunan Teh Gunung Mas yang sangat memukau.
Keistimewaan berwisata di Perkebunan Teh Gunung Mas memang tiada duanya. Selain letaknya yang strategis, serta ketersediaan sarana prasarana wisata yang relatif lengkap, pengembangan atraksi dan aktvitasnya berhasil memadupadankan fungsi relaksasi, edukasi dan rekreasi, sehingga sangat cocok untuk para wisatawan khususnya yang berdomisili di daerah perkotaan. Faktor alam lingkungan yang memiliki daya tarik kuat mampu memenuhi kebutuhan wisatawan akan sejuknya udara, kadar oksigen yang tinggi, panorama indah, ruang terbuka hijau, serta rasa kebahagiaan manusia ketika berdekatan langsung dengan hamparan alam yang luas.
 



Objek Wisata Lainnya