Desa Wisata Cibuntu

08-05-2017 Kabupaten Kuningan 23909 baca

Print


Salah satu desa wisata yang memiliki keunikan daya tarik adalah Desa Wisata Cibuntu. Adapun keunikan desa ini terletak pada eksistensi beberapa peninggalan purbakalanya. Desa ini terletak di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

SITUS PURBAKALA
Situs purbakala yang banyak terdapat di Desa Wisata Cibuntu merupakan salah satu keistimewaan daya tarik wisatanya. Konon, situs purbakala tersebut merupakan rangkaian lokus napak tilas para Wali ketika dalam perjalanan menuju Gunung Ciremai. Situs-situs purbakala yang banyak ditemui di pekarangan rumah warga kebanyakan berupa kuburan batu yang berasal dari jaman megalithikum. Kemudian dari dalam kuburan batu tersebut banyak ditemukan Kapak Genggam, yang juga terbuat dari batu. Adapun beberapa situs purbakala yang diperoleh dari desa ini banyak disimpan di Museum Cipari. Berkaitan dengan persebaran situs yang banyak ditemukan di pekarangan penduduk, namun pada nyatanya keberadaan situs-situs purbakala tersebut tidak mengganggu aktivitas penduduk setempat. Justru sebaliknya, situs-situs tersebut dipelihara dengan baik, bahkan ada beberapa di antara warga yang menjadi juru pelihara. Situs-situs purbakala tersebut antara lain sebagai berikut:

(a)    Situs Bujal Dayeuh;
(b)    Situs Hulu Dayeuh;
(c)    Situs Sahurip Kaler;
(d)    Situs Sahurip Kidul;
(e)    Situs Cikahuripan;
(f)    Curug Bongsreng.

Adapun keseluruhan situs tersebut berkaitan dengan cerita asal mula Desa Cibuntu serta mata air yang masih terjaga di desa tersebut. Menurut salah satu narasumber, keberadaan situs-situs purbakala tersebut memang dijaga warga karena banyak memberikan kehidupan dan kaidah bagi masyarakat desa.

WISATA DESA
Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan jika berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu antara lain bersepeda gunung, agrowisata, dan wisata sejarah. Adapun  di desa ini tersedia penginapan berupa homestay yang menyajikan berbagai macam kuliner khas Desa Cibuntu. Wisatawan juga dapat mencicipi air langsung dari Mata Air Cikahuripan. Selain Mata Air Cikahuripan, di desa itu juga terdapat sebuah air terjun dengan ketinggian lebih dari 25 meter. Air terjun ini dinamakan Curug Bongsreng, apalagi di tepian air terjun sudah dibangun tempat duduk dari semen yang melingkar mengitari. Belum lagi di kanan air terjun juga terdapat sebuah danau yang dinaungi pohon besar.
 



Objek Wisata Lainnya