Atraksi Sisingaan

12-08-2011 Kabupaten Subang 4448 baca


Saksikan pertunjukan seni khas Subang, Sisingaan. Kesenian ini juga dikenal juga dengan sebutan Gotong Singa atau Odong-odong. Ada beberapa keterangan tentang asal usul Sisingaan ini, di antaranya bahwa Sisingaan memiliki hubungan dengan bentuk perlawanan rakyat Subang terhadap penjajah lewat binatang singa kembar (singa kembar adalah lambang penjajah Belanda).
Dalam perkembangan bentuknya, Sisingaan semakin lama semakin disempurnakan, dari bentuk singa kembar yang sederhana menjadi singa gagah dan menarik. Demikian juga para pengusung Sisingaan, kostumnya semakin dibuat dengan warna-warna kontras.
Sisingaan menjadi salah satu jenis pertunjukan rakyat yang disukai, terutama dalam acara-acara khitanan dan perkawinan. Sisingaan dikemas sedemikian rupa dengan penambahan atraksi, misalnya yang paling menonjol adalah Jajangkungan dengan tinggi sekitar 3-4 meter.
Anda bisa menelusuri beberapa makna yang terkandung dalam seni pertunjukan Sisingaan, di antaranya makna sosial, teatrikal, komersial, universal, dan spiritual. Pelajarilah semuanya, Anda akan menemukan filosofi menarik di balik kesenian terkenal ini.
Lokasi:  -
Telepon: -
Email: -
Internet: -
Arah: -
Fasilitas: -
Jam Buka: -
Tutup: -
Tiket: -    
Informasi Lebih Lanjut: -



Objek Wisata Lainnya