Upacara Adat Ngalaksa

09-12-2011 Kabupaten Sumedang 6712 baca


 

Setiap musim panen kita bisa melihat tarian Rengkong pada event upacara adat Ngalaksa yang diiringi dengan tarian tradisional Ngalaksa yang diadakan setiap bulan Juni. Upacara adat Ngalaksa adalah sejenis upacara membawa padi ke lumbung, rengkong adalah sebuah gandar untuk membawa beras yang berlubang. Di dalam tarian rengkong gandar dibawa oleh orang-orang sambil berjalan menari ke lumbung padi.
Saat orang-orang berjalan menuju lumbung padi, lubang yang ada di dalam gandar menghasilkan bunyi musik yang memiliki ritme yang sama dengan orang yang berjalan mengikuti upacara tersebut. Masyarakat Rancakalong menggelar upacara adat Ngalaksa ini selama 1 minggu tanpa henti dengan diiringi seni tradisional tarawangsa.
Secara umum upacara adat ngalaksa mempunyai maksud  sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa atas kesuksesan dan keberhasilan atas panen yang diperoleh masyarakat di Desa Rancakalong. Ungkapan rasa syukur yang merupakan luapan kegembiraan atas kesuksesan panen yang diperoleh tersebut dibahasakan oleh masyarakat  Rancakalong dengan mempergelarkan berbagai tarian tradisional.
Lokasi:  
Koordinat : 6° 49' 9" S, 107° 48' 19" E
Telepon: 0262 – 202513
Email:
Internet: Kabsumedang@westjava-indonesia.com
Arah:  
Fasilitas: 
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut: Sumedang Regional Tourism & Culture Office, Jl. Dano Komplek Pacuan Kuda Sumedang
 

 



Objek Wisata Lainnya