Pantai Rancabuaya

03-11-2014 Kabupaten Garut 27279 baca

Print


Pantai Rancabuaya adalah salah satu objek wisata alam pantai yang memiliki luas sebesar 10 ha dengan luas kawasan keseluruhan sebesar 1.524 ha, dan dari area tersebut yang telah dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas wisata sebesar + 2 ha.
Status kepemilikan lahan area pantai Rancabuaya adalah 70% tanah milik dan sisanya adalah tanah desa. Sedangkan pengelola kawasan wisata Rancabuaya adalah Kompepar (Kelompok penggerak pariwisata) yang anggotanya terdiri dari masyarakat setempat. Pantai ini memiliki kemiringan landai pada dasar lautnya, serta rumput laut dan ganggang hijau sebagai flora laut dominannya. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang.
Untuk daerah pesisir pantai, daerah pantai Rancabuaya memiliki material berupa pasir halus yang putih bersih dan kemiringan tepi pantai yang datar. Tepi pantai memiliki panjang 1000-2000 m, dengan lebar 100-200 m, dan tingkat abrasi yang kecil. Flora dominan yang berada di tepi pantai yaitu pohon kelapa dan pohon ketapang.
Juga terdapat sumber Air bersih yang berasal dari air sungai yaitu sungai cihideung dan sungai ciharashas yang mempunyai kualitas air yang jernih, rasa air tawar, dan bau air yang normal.
Kegiatan wisata yang bisa dilakukan adalah hiking, trekking dan sightseeing..

Lokasi:  Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut
Koordinat : 7 31 28" S, 107 28 40" E
Telepon:
Email:
Internet:
Arah:  Jarak kawasan Rancabuaya dari Ibu Bandung adalah 167 km, jarak dari Garut Kota adalah 105 km, dan jarak dari Kecamatan Caringin adalah 30 km. sedangkan tranportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah dengan menggunakan minibus yang frekuensinya terjadwal yaitu beroperasi antara pukul 04.30-08.00 dengan jumlah armada 3 buah dengan trayek Rancabuaya-Garut. Untuk transportasi ke kawasan, dapat juga mempergunakan angkutan kota yang tidak terjadwal atau mempergunakan kendaraan angkutan desa yang disebut “paranggong” berupa mobil bak terbuka.
Fasilitas: 22 villa milik siswa/I dan dosen ITB, 4 unit penginapan, 40 kios makanan, tempat parkir, pintu masuk dan loket tiket, 2 tempat bilas, 2 shelter, pos kesehatan.
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:    1000/ orang
Informasi Lebih Lanjut: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut

 



Objek Wisata Lainnya