Calung Dalengket

10-01-2012 Kabupaten Bekasi 29178 baca

Print


Asal-usul Calung Dalengket yang ada di Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Bekasi berasal dari sejenis permainan anak-anak gembala. Permainan ini di mainkan setiap habis panen dengan mengambil tempat di sawah atau di tegalan (ladang). Permainan ini biasanya di ikuti oleh tua dan muda, laki-laki dan perempuan serta bersifat lomba dengan ketentuan yang paling banyak penontonnya itulah sebagai pemenang. Lamanya pertandingan tidak ada ketentuan yang, bergantung banyaknya penonton.
 
Karena permainan ini tidak memper­gunakan wasit, sehingga sering kali menimbulkan keributan di antara pesertanya. Yang di anggap sebagai tokoh penggarap dalam permainan ini adalah Bapak Amat dan Bapak Endang.
 
Bentuk pertunjukkan di dukung oleh beberapa pemain di antaranya:
 
- 1 orang pemain sebagai juru Suling Toleat
 
- 1 orang pemain sebagai juru Komlat (Saron)
 
- 1 orang pemain sebagai juru Kedemung
 
- 1 orang pemain sebagai juru Nenge-2
 
- 1 orang pemain sebagai juru Gong
 
- 1 pemain tambahan sebagai pengganti
 
- 1 orang pemain sebagai juru Rebab (Tarompet)
 
- 2 orang pemain sebagai juru Gong.
 
Busana yang di pakai yaitu pakaian sehari-hari, tidak di tentukan (bebas) yang penting dapat menarik perhatian dan simpati para penonton agar mereka dapat menjadi pendukungnya.
 
Demikian uraian singkat tentang kesenian Calung Dalengket yang ada di wilayah Kec. Lemah Abang Kab. Bekasi, menurut penuturan Abdul Roup Suriady Depdikbud Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Bekasi.
 
Lokasi: Lemah Abang Kabupaten Bekasi
Telepon:
Email:
Internet:
Arah:
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:

 



Objek Wisata Lainnya