Pencak Cikalong

18-05-2011 Kabupaten Bandung 27245 baca

Print


Pencak Cikalong merupakan hasil karya R.H. Ibrahim, turunan ke-9 Dalem Cikundul, Majalaya Kecamatan Cikalong Kulon. R.H. Ibrahim lahir pada tahun 1816, keahlian Pencak Silatnya didapatkan dari leluhumya.
Gerak Pencak Cikalong ini, memiliki banyak gerak tangan di atas dengan sikap tertutup, hal ini memiliki kelebihan sukar untuk di jamah tangan lawan. Selain itu pukulan dan bantingan sangat di pentingkan dalam Pencak aliran Cikalong.
Keistimewaannya Pencak Cikalong yaitu mengikuti serangan lawan. Maksudnya untuk menghilangkan keseimbangan lawan, sampai lawan itu terjatuh. Umpamanya, pukulan penyerang bukan di tahan (di takis) melainkan di ikuti, sehingga bobot tenaga menjadi bertambah. Gerakan kaki-kaki menggaet sering di peragakan tatkala lawan lengah.
Selain ketaatan sebagai syarat mutlak bagi para murid Pencak Silat Cikalong di usahakan agar para muridnya tidak hidup sendiri-sendiri tidak ada perbedaannya antara satu sama Iainnya, dan tidak merasa lebih tinggi dari golongan lain. R.H. Ibrahim menegaskan pula pada murid¬muridnya, bahwa setiap muridnya harus menyadari, Pencak Silat yang lahir dan berkembang di Tatar Sunda masih merupakan satu sumber dan satu saluran dari yang pertama.
Alamat: Kecamatan Cikalong (dengan pentebaran di daerah Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan daerah lainnya di Tatar Sunda)
Telepon:
Email:
Internet:
Arah:
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:

 



Objek Wisata Lainnya