Samrah

12-12-2011 Kabupaten Bekasi 2406 baca


Samrah merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional Betawi yang merupakan perkembangan dari Orkes Harmonium. Pada jaman Belanda, Harmonium lebih terkenal daripada Biola. Harmonium dikenal sampai ke Timur Tengah, seperti India, Pakistan, Bangladesh serta musik Melayu di Sumatera, Malaysia, Kalimantan, dan lain sebagainya.
Intsrumen Harmonium terdiri dari Harmonium, Biola, Ketipung, Gitar, dan Rebana yang berfungsi sebagai pengatur irama.
Akibat pengaruh dari para pendatang, yaitu dari Arab, India, Bali, dan sebagainya, Harmonium berkembang menjadi Samrah. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penyebaran Agama Islam di Indonesia. Melalui kunjungan¬kunjungan, mereka disuguhi hiburan musik berupa tarian dan nyanyian. Tariannya dilakukan dengan menggunakan busana Muslim (Gamis), dari mana Samrah mulai berkembang dan menyebar.
Adapun waditra yang di gunakan dalam Samrah yaitu Harmonium Kaki, dua bush Gitar, Biola, Kendang dan Rebana. Akan tetapi pada dasarnya masyarakat memakai tepukan tangan sebagai musik pengiring pada tarian Samrah. Kesenian Samrah sering di tampilkan dalam Pesta Hajatan Khitanan, Pernikahan atau pada acara-acara tertentu seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.
Kesenian Samrah ini biasa dibawakan oleh beberapa orang dan pada umumnya di lakukan oleh enam orang, yang dilakukan secara bergantian.
Lokasi: Jalan Sersan Bajuri KM 3,8
Telepon:
Email:
Internet:
Arah:
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut:

 



Objek Wisata Lainnya