Artikel

Curug Maribaya Bisa Bangkitkan Romantisme Anda

18-05-2015 105 baca

Berwisata ke kawasan Bandung, jangan lewatkan untuk mampir ke Objek Wisata Maribaya, di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Lokasinya yang cukup mudah dijangkau, menjadikan destinasi ini menjadi tujuan wisata bagi warga di luar Kota Bandung.

Tempatnya cukup romantis, terutama bagi mereka yang tengah dilanda rasa cinta (pacaran). Namun jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak senonoh, bisa-bisa Anda diusir dan ditimpuk orang.

Air Terjun Maribaya memang dikenal tempat wisata yang romantis di kawasan Bandung Barat. Untuk berkunjung ke Curug Maqribaya, Anda bisa menggunakan jalan setapak dari Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda Bandung. Anda bisa berjalan kaki sejauh kurang lebih 10 km dari gerbang Tahura.

Sepanjang jalan Anda akan melihat hijaunya hutan raya yang dilindungi dan kelola Dinas Kehutanan Jabar.

Atau Anda bisa datang langsung ke kawasan Cibodas Lembang, tempat Curug Maribaya berada. Jalannya terbilang cukup baik. Namun persiapkan kendaraan dan kondisi Anda dalam kondisi prima.

Maribaya, adalah salah satu tempat wisata favorit lainnya di Bandung, tepatnya di kota Lembang yang berada kurang lebih 22 KM dari kota Bandung. Kebaradaan Curug Maribaya ini bisa membangkitkan rasa romantisme Anda bersama pasangan dan keluarga Anda.

Bagi anda para pecinta alam, kawasan wisata maribaya merupakan tujuan yang sangat cocok untuk berwisata. Tempat wisata ini sangat terkenal dengan sumber mata air panasnya yang mengandung belerang, sehingga di percaya mampu mengobati berbagai penyakit, terutama penyakit pada kulit.

Tak selanjutnya ...

Ini Dia Cerita Situ Bagendit yang Melegenda di Masyarakat Garut

06-05-2015 167 baca

Sebagai salah satu daerah yang subur di wilayah Jabar, Kabupaten Garut memiliki banyak tempat wisata. Salah satu objek wisata adalah Situ Bagendit yang memiliki cerita legenda yang bermakna dalam bagi masyarakatnya.

Pada jaman dahulu kala di sebelah utara kota Garut ada sebuah desa yang penduduknya kebanyakan adalah petani. Karena tanah di desa itu sangat subur dan tidak pernah kekurangan air, maka sawah-sawah mereka selalu menghasilkan padi yang berlimpah ruah. Meski begitu, penduduk di desa itu tetap miskin kekurangan.

Hari masih sedikit gelap dan embun masih bergayut di dedaunan, namun para penduduk sudah bergegas menuju sawah mereka. Hari ini adalah hari panen. Mereka akan menuai padi yang sudah menguning dan menjualnya kepada seorang tengkulak bernama Nyai Endit.

Nyai Endit adalah orang terkaya di desa itu. Rumahnya mewah, lumbung padinya sangat luas karena harus cukup menampung padi yang dibelinya dari seluruh petani di desa itu. Ya! Seluruh petani.

Para petani tidak dengan sukarela para petani itu menjual hasil panennya kepada Nyai Endit. Mereka terpaksa menjual semua hasil panennya dengan harga murah kalau tidak ingin cari perkara dengan centeng-centeng suruhan nyai Endit. Lalu jika pasokan padi mereka habis, mereka harus membeli dari nyai Endit dengan harga yang melambung tinggi.

“Wah kapan ya nasib kita berubah?” ujar seorang petani kepada temannya. “Tidak tahan saya hidup seperti ini. Kenapa yah, Tuhan tidak menghukum si lintah darat itu?”

“Sssst, jangan kenceng-kenceng atuh, nanti selanjutnya ...

Mencari Keheningan dan Ketenangan, ke Puncak Guha Aja!

04-05-2015 195 baca

Kabupaten Garut memiliki sejumlah destinasi pantai yang cukup eksotik. Pantai-pantai ini kemudian dijadikan salah satu adalan pariwisata Kabupaten Garut.

Garis pantainya dari Kecamata Cibalong -Caringin. Pantai Cijeruk indah dan Pantai Karang Paranje (kec Cibalong). Pantai Sayang Heulang (kec Pameungpeuk). Pantai santolo, Pantai Gn Geder, Pantai Karang Papak, Pantai Manalusu (kec Cikelet), Pantai Cicalobak (Kec Mekarmukti), Puncak Guha (kec. Bungbulang) dan disebelah barat ada Pantai Rancabuaya (Kec. Caringin).

Salah satu pantai yang memiliki pemandangan yang cukup indah dan memikat hati adalah Puncak Guha. Puncak Guha merupakan sebuah semenanjung kecil berupa tebing yang dibawahnya terdapat Guha (Goa) tempat ribua kelelawar (lalay) hidup yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Kala senja, ribuan lalay itu mulai keluar guha untuk mencari makan.

Keluarnya lalay dari guha menjadi atraksi tambahan bagi Anda yang tengah menikmati sunset di semenanjung Puncak Guha. Jadi, jangan lupa membawa kamera atau tustel.

Pertama kali menginjakan kaki ditempat ini, suasana begitu enak untuk dinikmati. Sebelumnya, Anda akan melewati padang savana (rumput) begitu membelokkan kendaraan. Selepas pintu gerbang, pemandangan padang rumput menyambut Anda. Terus berjalan ke atas, Anda akan menemukan lapangan parkir yang menghadap ke laut (Samudera Hindia).

Begitu sampai ke puncak, ada keheningan dan ketenangan sesampainya di Puncak Guha ini. Lautan yang Luas, angin laut yang kencang, pesisir pantai yang eksotis, tebing yang curam dengan ombak yang besar.

Anda bisa bersantai di padang yang luas sambil menikmati hembusan angin selanjutnya ...

Pantai Cicalobak Garut Janjikan Ketenangan para Wisatawan

04-05-2015 213 baca

Kabupaten Garut memiliki sejumlah wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya pantai Pantai Cicalobak yang eksotik. Walau namannya terdengar aneh namun keindahan alam yang berada di pantai ini sungguh sangat mempesona.


Pantai yang berada di kawasan Jabar selatan ini, memiliki pemandangannya cantik dan mampu tenangkan diri dengan mendengarkan deburan ombak di sana.

Selain itu Pantai Cicalobak ini sangat indah dan alami, belum tersentuh oleh banyak orang. Sehingga menikmati pantai selatan sangat menyenangkan dan pasti berkesan.

Terletak 90 km arah selatan dari pusat Kota Garut melalui Bungbulang atau 130 km jika melintasi Pameungpeuk, namun lokasinya sangat strategis karena antara lain berada pada lintasan ruas jalan Jabar Selatan.

Panorama hamparan lintasan pantai Cicalobak ini, bisa dijadikan salah satu potensi wisata unggulan Provinsi Jawa Barat, karena dipastikan banyak menjaring wisatawan domestik dan mancanegara.

Pantai Cicalobak ini terletak di Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Pantai ini berada di pinggir jalur Trans Jabar Selatan. Jalur di antara Pameungpeuk dan Rancabuaya.

Untuk bisa mencapai pantai eksotik ini, Anda bisa menempuh jalur Pangalengan Kabupaten Bandung atau Sindangbarang, Kabupaten Cianjur.

Namun kawasan pantai selatan ini, termasuk di Kabupaten Garut lokasi dan objek wisata disana kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Baik dari sarana prasarana jalan maupun akomodasi, hotel dan penginapan di Pantai Garut Selatan sangat terbatas. Villa, Resort serta Bungalow dan Rumah Sewa belum ada yang disetting dengan profesional.

Ada sejumlah selanjutnya ...

Bermain Tertib Lalu Lintas di Taman Lalu Lintas

22-04-2015 164 baca

EKSPLORASI pengetahuan tentang lalu-lintas di tempat ini, lebih menyenangkan jika orang tua juga ikut bermain dan berbagi pengalaman.

Miris tentu melihat makin banyak anak-anak di bawah umur, yang jelas-jelas belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), berseliweran mengendarai sepeda motor atau mobil di jalan raya.

Tingkat emosi yang belum matang membuat sebagian mereka, menjalankan kendaraan bermotor itu sekehendak hati. Ditambah pembiaran dari para orang tua dan orang-orang di lingkungan sekitarnya.

Makin terenyuh lagi saat terjadi peristiwa kecelakaan hingga menyebabkan kecacatan bahkan kematian diri maupun orang lain, hanya karena anak-anak tadi tidak paham makna rambu lalu-lintas dan marka jalan.

Tidak ada cara lain memutus lingkaran setan ini kecuali menambah pemahaman anak-anak tentang lalu lintas sejak dini. Daripada memberikan teori tentang rambu lalu-lintas di dalam ruang tertutup, lebih baik ajak mereka ke Taman Lalu-Lintas Ade Irma Suryani Nasution, di Jalan Belitung No 1, Kota Bandung.

Taman seluas 3,5 hektare ini memang memiliki sejumlah fasilitas yang memungkinkan seluruh pengunjung balita hingga dewasa bebas, melakukan eksplorasi rambu-rambu lalu-lintas maupun markah jalan yang kini berlaku di Indonesia.

Erwin Kurniawan (39) warga Palmerah, Jakarta Barat awalnya mengira Taman Lalu-Lintas Ade Irma Suryani Nasution yang dibangun sejak 58 tahun lalu ini, hanyalah taman bermain biasa.

Setelah mengunjungi sejumlah tempat belanja dan wisata kuliner di Kota Bandung akhir pekan lalu, Erwin bersama istri dan kedua anaknya yang masih balita pun iseng masuk ke selanjutnya ...

1 2 3 4 ... 24 Next »