Artikel

Pantai Cimaja Surganya para Surfer Lokal dan Dunia

03-03-2015 79 baca

KEINDAHAN pantai di wilayah selatan Jawa Barat, benar-benar menjadi incaran para wisatawan. Tidak hanya itu, banyak pantai di Jawa Barat yang memiliki ombak yang menantang dan menjadi primadona para surfer atau peselancar baik nasional maupun internasional.

Salah satu objek wisata pantai yang memiliki ombak menantang adalah pantai Cimaja di Kabupaten Sukabumi. Jarak dari ibukota kabupaten sekitar 10 km atau sekitar 160 km dari Kota Bandung, pantai Cimaja merupakan home based bahkan jadi surganya bagi para surfer yang ingin merasakan keganasan ombak di laut bagian selatan Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah titik yang layak digunakan untuk kegiatan surfing atau selancar ombak, diantaranya Pantai Ujung Genteng, Sayang Heulang, Sunset, Ombak Tujuh, dan Sukawarna serta Pantai Cimaja. Rata-rata pantai-pantai tersebut memiliki ketinggian ombak antara 3 meter sampai 10 meter.

Dari sekian banyak pantai yang bisa digunakan kegiatan surfing, hanya Pantai Cimaja yang memiliki akses yang paling dekat dan gampang dari ibukota Kabupaten Sukabumi. Tidak heran, jika Pantai Cimaja dijadikan home based karena memiliki sejumlah penginapan dan hotel, walaupun di sepanjang pantai Cimaja sangat sulit ditemukan fasilitas umum maupun fasilitas sosial. Padahal keberadaan fasilitas umum dan fasilitas sosial ini mutlak ada di objek wisata untuk kenyamanan para wisatawan.

Namun sayang, keindahan dan kenyamanan pantai Cimaja mulai terusik dengan adanya penambangan batu dan pasir yang tidak terkendali. Pemkab Sukabumi sepertinya tutup mata dan kuping dengan adanya aktivitas penambangan liar tersebut.

Bukan tidak mungkin jika selanjutnya ...

Menikmati Keindahan Alam Situ Cisanti

25-02-2015 98 baca

Objek wisata Situ Cisanti yang berada di kaki gunung Wayang, Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari, Kab. Bandung, Minggu (22/2/2015) menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar. Ratusan wisatawan lokal tampak menikmati keindahan alam di kawasan tersebut.

Ada daya tarik alam yang terbentuk secara alami, yaitu Situ Cisanti di antara kawasan pegunungan dan hutan konservasi. Situ Cisanti itu sebagai sumber mata air Sungai Citarum.

"Sangat menikmati jalan-jalan ke Situ Cisanti. Selain udaranya segar, juga sangat nyaman untuk tempat bersantai bersama keluarga," kata Neni Mardiana, pengunjung Situ Cisanti kepada galamedianews.com.

Dia bersama keluarga sudah beberapa kali mendatangi objek wisata alam tersebut. "Kawasan hutannya pun masih lestari, sehingga bisa dinikmati untuk terus berkunjung ke Situ Cisanti," katanya.

sumber : http://www.galamedianews.com/wisata/10793/menikmati-keindahan-alam-situ-cisa nti--.html

selanjutnya ...

Curug Sodong Janjikan Kesegaran Dibalik Keindahan Alamnya

10-02-2015 224 baca

Keindahan geopark Ciletuh tidak akan komplet tanpa mengunjungi Curug Sodong (air terjun Sodong). Curug ini dikenal masyarakat setempat dengan curug Kembar atau Cikanteh alias Curug Panganten. Disebut demikian, karena air terjun disana ada dua dengan ketinggian yang sama namun dengan debit yang hampir sama. Di bagian atas Curug Kembar terdapat dua air terjun lagi yang lebih kecil. Mayarakat disana menyebutnya Curug Cikanteh dan curug ngelay. Tak mengherankan, jika Curug Sodong dikenal juga Curug Cikanteh.

Geopark Ciletuh terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas atau sekitar 90 km dari Kota Palabuhanratu Ibukota Kab. Sukabumi. Untuk bisa sampai kesana, diperlukan waktu sekitar 3-4 jam, melewati perkebunan Simpenan dan kebun pepaya dan buah naga milik PTPN VIII.

Jalan yang berliku dengan kondisi jalan 50 persen mulus dan 50 persen rusak berat setelah melewati perkebunan Simpenan. Sepanjang perjalanan, keindahan alam bisa disaksikan, berupa pada savana, padi huma, hutan tropis, hingga perbukitan dan pegunungan yang masih hijau. Semuanya sangat asri dan belum banyak sentuhan masyarakat.

Dari Palangpang (Pantai Ciletuh), hanya memakan waktu sekitar 20 menit untuk menuju ke Curug ini. Untuk aksesnya sudah lumayan baik dengan jalan beraspal dan pemandangan sawah yang membuat segar mata. Mungkin bisa dikatakan lukisan anak-anak SD berupa 2 gunung kembar, jalan berliku, sawah dan rumah terinspirasi dari pemandangan seperti ini, bahkan di sini lebih lengkap dengan adanya penampakan Curug Cikanteh di kejauhan.

Curug Sodong memiliki tiga undakan. Jika dilihat dari kejauhan, puncak curug ini selanjutnya ...

Pantai Santolo Garut Seperti Kuta Bali

09-02-2015 262 baca

SIAPA tak kenal Pantai Kuta atau Tanah Lot di Bali? Ketenaran akan keindahannya tak diragukan lagi sudah mendunia.

Pantai Kuta dan Tanah Lot Bali memang sudah tersohor. Namun, tak setiap orang, sungguh pun warga Indonesia asli, berkesempatan mengunjunginya. Tentu saja dengan berbagai alasan.

Nah, bagi yang penasaran menjejakkan kaki di Pantai Kuta maupun Tanah Lot namun tak punya kesempatan, tak ada salahnya berkunjung ke kawasan wisata Pantai Santolo di selatan Kabupaten Garut.

Banyak pengunjung mengakui keindahan pantai Santolo yang masuk wilayah Kecamatan Cikelet itu. Mereka bahkan menilai pesonanya melebihi pantai Kuta Bali di era 1970-an yang masih bersih, dan sepi.

Kelebihan dan daya tarik wisata yang dimiliki Santolo bejibun dan tak dipunyai pantai di daerah lain. Sampai-sampai sebagian kalangan menyebut Pantai Santolo bak surga tersembunyi di selatan Garut.

Tak heran, Pantai Santolo menjadi salah satu tujuan wisata favorit setiap masa liburan panjang, seperti liburan sekolah, lebaran, dan pergantian tahun.

Di Pantai Santolo, dari pesisir pantai berpasir putih membentang luas ke arah barat, pengunjung dapat menikmati pemandangan perairan Samudera Hindia. Lautnya terbentang luas membentuk garis horizon di kaki langit biru dengan deburan ombaknya yang khas.

Hamparan atol seluas 35 hektare juga menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Gugusan karang hitam berbagai bentuk dipadu pasir coklat muda.

Batu karang setinggi sekitar tiga meter yang disebut warga setempat Karang Kukus tampak menonjol di tengah hamparan karang. Keberadaan selanjutnya ...

Menikmati Suasana Pantai Glayem Indramayu

30-01-2015 244 baca

INDRAMAYU - Pantai Glayem yang berlokasi di Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang banyak dikunjungi di Pantura Jawa Barat.

Meskipun kondisi pantainya kurang bersih dan belum dikelola serius oleh pemerintah setempat, akan tetapi Pantai Glayem memiliki daya tarik tersendiri bagi pengujung.

Deretan gubuk pedagang di sekitar Pantai Glayem menawarkan tempat yang lumayan asik bagi yang ingin menikmati suasan pantai sambil mengabadikan moment atau mengambil gambar pemandangan laut.

Selain itu, sandaran kapal nelayan di dekat Pantai Glayem juga menawarkan view yang lumayan bagus bagi pegiat fotografi lanscape seputar aktivitas nelayan.

Pantai Glayem bisa diakses dari daerah Cirebon dengan mengambil jalur Kapetakan-Krangkeng kemudian masuk daerah Karangampel Indramayu.

Kuliner hasil olahan hasil laut atau seafood juga ada di Pantai Glayem dan sudah cukup terkenal karena enaknya yang akan memanjakan pecinta kuliner seafood.

sumber :http://bandung.bisnis.com/read/20150126/13/525842/info-wisata-menikmati-sua sana-pantai-glayem-indramayu

selanjutnya ...

1 2 3 4 ... 21 Next »