Enter your keyword

Resmi, Menparekraf Tetapkan Situs Gunung Padang Dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Resmi, Menparekraf Tetapkan Situs Gunung Padang Dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

CIANJUR – Situs Gunung Padang berhasil masuk ke 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Hal ini ditetapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno saat berkunjung langsung ke Situs Gunung Padang, Kamis 22 September 2022.

Menparekraf yakin Situs Gunung Padang akan menjadi daya tarik wisata kelas dunia yang memberikan dampak positif pada masyarakat khususnya warga Cianjur. Ini sesuai dengan semangat pemerintah yaitu membangun pariwisata ‘Indonesia Bangkit’.

“Saya ucapkan selamat Desa Wisata Situs Gunung Padang tembus 50 besar desa wisata terbaik, desa wisata Indonesia bangkit. Ini adalah situs komplek pundan berundak terbesar di Asia Tenggara dan sudah ditetapkan sebagai cagar budaya nasional oleh Kemendikbud pada 2014. Mari kita jaga untuk anak cucu kita. Kita kembangkan ekonomi kreatif yang ada seperti karinding dan pencak silat, serta produk-produk ekrafnya seperti kopi,” ucap Menparekraf.

Saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan sarana prasarana penunjang di Situs Gunung Padang. Hal tersebut bertujuan agar memudahkan wisawatan dalam melakukan beragam aktivitas di destinasi ini.

“Kami turut mensupport desa wisata ini. Sebagai buktinya kami sedang membangun salah satu fasilitas penunjang, dimana rencananya sesuai dengan instruksi Pak Gubernur nantinya ada teropong yang dapat melihat langsung ke Gunung Padang ini. Itu akan memudahkan bagi masyarakat yang tidak bisa menanjak ke sini (puncak Gunung Padang). Mereka bisa melihat dari kejauhan sambil melihat replikanya juga,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar yang diwakili Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Acmad Haidar Setiawan.

Rencana tersebut sesuai dengan kategori penilaian ADWI 2022 yaitu aspek daya tarik pengunjung. Selain itu, ada kategori penilaian lainnya yakni keberadaan homestay, toilet bersih, souvenir, penerapan CHSE, sarana pendukung digital (konten kreatif), serta kelembagaan desa.

Selain Situs Gunung Padang, Desa Wisata Hanjeli di Kabupaten Sukabumi juga mewakili Jawa Barat di ADWI 2022. Rencananya Menparekraf akan melakukan peninjauan ke sana pada Sabtu 24 September 2022.