Enter your keyword

Ruang Kreativitas Anak Muda, Pemprov Jabar Dirikan Gedung Creative Center di Beberapa Kota/Kabupaten di Jawa Barat

Ruang Kreativitas Anak Muda, Pemprov Jabar Dirikan Gedung Creative Center di Beberapa Kota/Kabupaten di Jawa Barat

Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka mendorong anak muda dan para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan kreativitasnya dibuktikan dengan dibangunnya beberapa Gedung Creative Center yang berdiri di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat, di antaranya :

 

1. Bogor Creative Center

Bogor Creative Center (BCC) ini diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada bulan Mei 2021. Ada 17 kategori subsektor ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan disini diantaranya Pengembang Permainan, Arsitektur, Desain Interior, Musik, Seni Rupa, Desain, Produk Fesyen, Kuliner, Film, Animasi dan Video, Fotografi, Desain Komunikasi Visual, Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Aplikasi.

Sumber foto : gekrafsjabar.com

 

2. Purwakarta Creative Center

Gedung Creative Center ini difungsikan sebagai tempat unjuk kreatif pemuda mulai dari seni, budaya hingga kuliner yang menambah nilai ekonomi daerah. Gedung ini dibangun di lingkungan Gedung Bakorwil Jl. KK. SIngawinata Kab. Purwakarta.

Fasilitas yang disuguhkan Gedung Creative Center diharapkan dapat mewadahi kreatifitas-kreatifitas para anak muda dan pelaku ekraf di Purwakarta dan sekitarnya.

Sumber foto : bandungbisnis.com

 

3. Cirebon Creative Center

Gedung Creative Center Cirobon diisi dengan berbagai karya inovatif  masyarakat Cirebon terutama produk hasil para pelaku UMKM. selain itu,  diharapkan juga dapat memancing anak muda berkreatif dan berinovasi, sehingga tumbuh masyarakat kreatif dari Cirebon dan sekitarnya dapat menghasilkan produk berdaya saing.

Gedung ini terletak di Jl. Silieangi no. 14 Kota Cirebon dengan memanfaatkan Gedung bekas kantor BKPP (Bakorwil) Wilayah III yang dapat dipakai untuk pertunjukkan seni budaya, kreasi, workshop, ruang pameran, seminar hingga olahraga yang dapat dimanfaatkan oleh warga Ciayumajakuning ( Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan).

Sumber foto : Humas Jabar

 

4. Bekasi Creative Center

Dalam rangka memberikan wadah bagi remaja di wilayah Bekasi untuk berkreasi yang berguna dalam menumbuhkan ekonomi kreatif bagi kemajuan daerah didirikanlah Bekasi Creative Center sebagai wadah bagi para remaja Bekasi untuk menyalurkan hobi bakat dan kreasinya.

Gedung ini berlokasi di lapangan serbaguna Margahayu Kota Bekasi yang dikenal dengan Bekasi Community Center Pemuds (BCCP). Berbagai fasilitas ditawarkan diantaranya Hall, Exhibition Area, Ruang Artwork, Mushala, Co-Working Space, UPT, perpustakaan, studio music, studio fotografi, ruang fashion dll.

Sumber Foto : fraksipkskotabekasi.id

 

5. Subang Creative Center

Meskipun pembangunan Gedung Subang Creative Center ini belum selesai, tapi gedung ini dibuat untuk para pemuda Subang dan sekitarnya untuk menyalurkan hobi, serta kreativitas mereka.

Beberapa kegiatan pernah digelar disini diantaranya oleh beberapa komunitas diantaranya komunita fotografi, videografi, youtuber, fashion designer dan Mojang Jajaka kabupaten Subang.

Sumber foto : kotasubang.com

 

6. Sumedang Creative Hub

Sama seperti gedung Creative Center lainnya, gedung ini dibangun untuk anak muda dan pelaku ekonomi kreatif untuk berkreasi, beraktivitas dan berkolaborasi. Gedung ini terdiri dari 17 sektor yang dibagi menjadi dua bagian besar yakni kreativitas yang bersifat ekspresi budaya dan kreativitas yang menghasilkan nilai ekonomi.

Terletak di Jl. Cut Nya Dien Sumedang, gedung ini dibuat dengan harapan untuk membuka ruang kreatif bagi anak muda Sumedang untuk pengembangkan potensinya sekaligus menjadi roda penggerak ekonomi.

Sumber foto : rbg.id

 

Penulis : Gina Regiana, Pranata Humas