Enter your keyword

5 UMKM Khas Cirebon, Cocok untuk Dijadikan Oleh-Oleh

5 UMKM Khas Cirebon, Cocok untuk Dijadikan Oleh-Oleh

Cirebon dikenal sebagai salah satu pusat UMKM terbesar di Provinsi Jawa Barat. Berbagai produk dapat ditemukan mulai dari kuliner hingga kerajinan tangan.

Melihat potensi keunikan yang tersedia, tak heran banyak pelancong berburu oleh-oleh saat berwisata ke Cirebon. Dari banyaknya pilihan, sedikitnya ada lima oleh-oleh yang wajib didapatkan di Cirebon. Berikut ulasannya:

1. Sirup Tjampolay

Dok foto: bukalapak.com

Dok foto: bukalapak.com

Sirup kebanggaan Wong Cirebon ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Sirup Tjampolay dibuat dengan berbagai rasa seperti leci, jeruk nipis, kopyor, dan beberapa lainnya.

Salah satu keunikan dari Sirup Tjampolay adalah kemasannya yang masih konsisten hingga saat ini. Pihak produsen tetap mengemas sirup dalam botol kaca dengan tulisan yang menggunakan ejaan lama dan memperlihatkan gambar buah Tjampolay. Karena orisinalitasnya inilah, Sirup Tjampolay banyak disukai oleh masyarakat.

2. Terasi Udang

Dok foto: tokopedia,com

Cirebon dikenal dengan julukan Kota Udang. Banyak sekali olahan udang yang bisa ditemui, salah satunya adalah Terasi Udang yang sudah sangat terkenal.

Meski memiliki bau yang menyengat, namun terasi ini tetap diburu oleh banyak orang. Terasi Cirebon sangat cocok untuk dijadikan bumbu pelengkap berbagai kuliner Nusantara.

3. Kue Gapit

Dok foto: pegipegi.com

Kue Gapit camilan khas Cirebon memiliki bentuk yang mirip dengan kerupuk. Kue ini tipis, namun punya tekstur yang sangat renyah ketika dimakan.

Sekilas bentuk Kue Gapit ini juga mirip seperti waffle. Masyarakat bisa menikmatinya dengan berbagai varian rasa mulai dari keju, bawang, dan lain sebagainya.

4. Ikan Jambal Roti

Dok foto: bukalapak.com

Bukan cuma udang, salah satu hasil laut asal Cirebon yang tidak kalah populer adalah Ikan Jambal Roti. Ikan ini banyak dicari karena memiliki cita rasa unik dan sulit ditemukan di pasar swalayan atau perkotaan.

Biasanya Ikan Manyung digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan ikan asin jambal roti melalui proses pengolahan fermentasi garam. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari fermentasi garam antara lain adalah jenis garam yang digunakan, cara penggaraman dan pengeringan ikan.

5. Batik Cirebon


Selain kuliner, masyarakat juga bisa berburu oleh-oleh di Pasar Batik Trusmi. Di sana tersedia beragam pilihan batik khas Cirebon dan yang paling dicari adalah batik motif megamendung.

Batik megamendung terkenal dengan warna-warnanya yang sangat cerah. Kabarnya produksi batik ini sudah menembus pasar internasional.