Enter your keyword

Disparbud Jabar Sambut Baik Studi Lapangan Peserta PKA Angkatan IV Provinsi Maluku 2022

Disparbud Jabar Sambut Baik Studi Lapangan Peserta PKA Angkatan IV Provinsi Maluku 2022

BANDUNG – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menerima kunjungan peserta PKA (Pelatihan Kepemimpinan Administrator) Angkatan IV Provinsi Maluku 2022 di Kantor Disparbud Jabar, Senin 18 Juli 2022. Kunjungan ini merupakan bentuk studi lapangan terkait pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini Kadisparbud menyampaikan beberapa program yang sedang menjadi fokus Pemerintah Provinsi Jawa Barat terutama di sektor pariwisata karena merupakan lokomotif perekonomian. Hal ini juga didukung dengan adanya 17 sub sektor ekonomi kreatif yang berada di dalam industri kreatif.

“Jawa Barat hari ini yang menjadi lokomotif ekonominya adalah pariwisata. Karena memang dengan kita mendorong pariwisata ini akan menarik gerbong-gerbong industri kreatif yang ada 17sub sektor,” ucap Kadisparbud.

Selain itu, Pemprov Jabar juga sedang mendorong pengembangan desa-desa di Jawa Barat untuk menjadi desa wisata dengan tujuan menjadikan lahan produktif memiliki nilai tambah dari sisi ekonomi sektor pariwisata. Kemudian, Pemprov Jabar juga membentuk Team of Team yang fokus kepada pengembangan potensi ekonomi di kasawan Jabar Selatan sesuai dengan Perpres No 87 Tahun 2021.

“Kami juga memiliki konsep untuk di Jabar Selatan yaitu bagaimana caranya masyarakat tidak menjadi penonton tapi menjadi pelaku industri pariwisata. Melalui pengembangan homestay contohnya. Sehingga masyarakat di sana menjadi pelaku pariwisata,” tutur Kadisparbud.

Para peserta studi lapangan juga tertarik meneliti program SWJ Ambassador yang digagas oleh Disparbud Jabar. Program tersebut adalah upaya Pemprov Jabar dalam mempromosikan pariwisata melalui 108 duta pariwisata.

Sebelumnya, Disparbud Jabar juga memberikan materi pada para peserta PKA Angkatan IV Provinsi Maluku di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat. Dalam kegiatan tersebut, Kadisparbud Jabar diwakili oleh Kepala Bidang Industri Pariwisata Rispiaga.