Enter your keyword

Kemeriahan Kolaborasi Budaya Tanah Air di Pesona Nusantara Bekasi Keren

Kemeriahan Kolaborasi Budaya Tanah Air di Pesona Nusantara Bekasi Keren

BEKASI – Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pemerintah Kota Bekasi menyelenggarakan pentas kesenian akbar bertajuk Pesona Nusantara Bekasi Keren (PNBK). Kegiatan tersebut diadakan di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Sabtu 10 September 2022.

Berbagai kesenian tampil di acara ini seperti Tari Sekoper Cinta, Tari Kecak Bali, Tari Reog, Tari Saman, Tari Tortor, Tari khas Maluku, serta Silat Budaya Bekasi. Acara semakin meriah karena diawali kirab bendera merah putih raksasa dengan panjang 10×100 meter yang dibawa gabungan TNI-Polri dan anggota Paskibraka dari Kantor Pemkot Bekasi menuju Stadion Patriot Chandrabaga.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, Kota Bekasi memiliki kepribadian Nusantara.

“Kegiatan ini merupakan momentum bagi kita, sebagai bentuk rasa syukur kepada Illahi, sebagai bentuk pula kecintaan kita pada Pancasila, yang dimana selalu membela Indonesia, membela Merah Putih,” ucap Gubernur.

“Kota Bekasi menunjukkan kepribadian Nusantara dan saya melihat Kota Bekasi menjadi wadah kebudayaan Nusantara,” tambahnya.

Pesona Nusantara Bekasi Keren melibatkan 10.000 peserta dari kalangan pelajar serta komunitas sanggar seni dan budaya. Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto menilai kegiatan ini sebagai sarana kerukunan dan keharmonisan antar masyarakat.

“Saya berencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan Kota Bekasi mengingat acara ini bisa menjadi ajang pelestarian seni dan budaya sekaligus perekat hubungan antarumat beragama,” ucapnya.

“Ini selaras dengan visi dan misi Kota Bekasi. Ini sangat positif sekali, aspek keberagaman kehidupan bermasyarakat terangkum di sini,” lanjut Walikota Bekasi.

Dalam kesempatan ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat hadir memberi dukungan. Selain itu turut hadir tamu kehormatan lainnya seperti Guruh Soekarno Putra, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombespol Hengki, Dandim 0507/Bekasi Letkol Kav. Luluk Setyanto, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama, Staff Ahli Pemerintahan Asep Gunawan, para Kepala Opd dan penggiat seni di Kota Bekasi.