Enter your keyword

Libatkan Ratusan Pelaku Ekraf, Disparbud Jabar Gelar Workshop Pengembangan Kapasitas SDM Ekonomi Kreatif Jawa Barat

Libatkan Ratusan Pelaku Ekraf, Disparbud Jabar Gelar Workshop Pengembangan Kapasitas SDM Ekonomi Kreatif Jawa Barat

CIREBON – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat terus meningkatkan kualitas SDM dalam bidang ekonomi kreatif. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan berkolaorasi bersama beberapa pihak untuk menggelar workshop bertema ‘Fasilitasi dan Konsultasi Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI)’ yang diselenggarakan di Ruang Kreatif Ahmad Djuhara, Kota Cirebon, Kamis 16 Juni 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 100 pelaku usaha ekraf di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan). Para peserta mendapat referensi terkait pengembangan SDM ekraf dari sejumlah narasumber yaitu Kepala Bidang AKTA Disperindag Jabar Arif Muchamad Fazar, Perwakilan dari Dinas PMPTSP Jabar Gugun Gunawan, perwakilan PT Servicia Visi Corpora (LegalKu) Theresia Chandrakirana, Pelaku Usaha subsektor fashion batik Jian Al Ma’arij, serta Pelaku usaha subsektor kuliner & craft Dali.

“Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerja sama dengan Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (KREASI) Jabar telah banyak melaksanakan kegiatan pengembangan kapasitas melalui program Wakunjar atau Waktu Kunjung Pakar, talkshow virtual, dan kelas kreasi. Itu menjadi kegiatan-kegiatan kami dalam pengembangan kapasitas pelaku ekraf,” kata Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar yang diwakili Kepala Bidang Industri Pariwisata Rispiaga.

“Workshop ini bertujuan untuk memfasilitasi, mensosialisasikan legalitas, perizinan usaha, serta kekayaan intelektual bagi para pelaku ekraf Jawa Barat. Ini salah satu langkah nyata dalam aksi pengembangan ekraf Provinsi Jawa Barat yang tertuang pada Pergub Jabar No 44 Tahun 2021 sebagai target utama dan arah pengembangan ekraf Jabar,” tambahnya.

Selain workshop, juga diadakan sesi one on one konsultasi serta pengurusan NIB dan KI Merek. Acara ditutup dengan pengumuman 20 pelaku usaha kreatif terpilih yang mendapatkan voucher pendaftaran KI Merek secara gratis yang didukung oleh Bank Raya.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi sebuah terobosan dalam bentuk dukungan fasilitasi dan konsultasi legalitas untuk membantu para pelaku usaha ekraf Jawa Barat. Selain itu menumbuhkan kekayaan intelektual sehingga menjadi salah satu pilar dukungan dalam menumbuhkan ekonomi kreatif Jawa Barat menuju Ekraf Jabar Juara,” ungkap Kabid Industri Pariwisata.