Enter your keyword

Rapat Kerja Teknis Komisi Informasi se-Indonesia Resmi Digelar di Bandung

Rapat Kerja Teknis Komisi Informasi se-Indonesia Resmi Digelar di Bandung

BANDUNG – Jawa Barat menjadi tuan rumah dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-11 Komisi Informasi se-Indonesia. Kegiatan tersebut dibuka di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin 5 September 2022.

Dalam sambutannya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi jajarannya karena Provinsi Jawa Barat mendapatkan predikat ranking 1 dalam hal keterbukaan informasi publik. Gubernur berharap ke depannya seluruh instansi pemerintahan semakin adaptif terhadap teknologi digital sehingga menjadikan lebih transparan dalam pelayanan informasi.

“Komisi Informasi ini harus mulai beradaptasi dalam disrupsi digital. Harus ditinggalkan penanganan manual, harus serba digital. Ini bagian dari pelayanan publik sekaligus transparansi,” ucap Gubernur.

“Keterbukaan informasi harus menjadi ekosistem. Karenanya saya mendorong agar lembaga di provinsi untuk menyelenggarakan keterbukaan informasi,” tambahnya.

Gubernur bahkan tak ragu untuk menawarkan diri kepada Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoegiantoro jika dimintai bantuan dalam hal keterbukaan informasi publik ke daerah-daerah.

“Mudah-mudahan Jawa Barat menjadi inspirasi. Karena semangatnya adalah kurangi kompetisi perbanyak kolaborasi,” ujarnya.

Tahun ini Raker Teknis Komisi Informasi Pusat mengambil tema “Akselerasi, Sinergi, dan Gerakan Keterbukaan Informasi Publik Merespon Tantangan Zaman”. Agenda akan dilaksanakan mulai 5-7 September 2022.