Enter your keyword

West Java Contemporary Dance Festival, Wadah Pertunjukan Tari Kontemporer dari Pemprov Jawa Barat

West Java Contemporary Dance Festival, Wadah Pertunjukan Tari Kontemporer dari Pemprov Jawa Barat

BANDUNG – Sebagai upaya mewadahi seni pertunjukan tari dan pemajuan kebudayaan daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat menggelar acara West Java Contemporary Dance Festival. Kegiatan diadakan di Teater Tertutup Taman Budaya, Kota Bandung, Kamis 30 Juni 2022.

Sebanyak 50 perserta dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat ambil bagian pada kesempatan ini. Kadisparbud Jabar Benny Bachtiar berharap West Java Contemporary Dance Festival bisa menjadi sarana yang tepat untuk melahirkan seniman-seniman muda khususnya di bidang tari kontemporer.

“Kegiatan ini akan memberi energi baru bagi kreativitas tari dan memperkaya khazanah tari di Jawa Barat. Program ini merupakan implementasi dalam rangka pemajuan kebudayaan pada bidang tari yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas koreografer muda pada proses penciptaan tari kontemporer yang berakar dari budaya Jawa Barat,” ucapnya.

“Jawa Barat ini terkenal dengan kreativitasnya. Berbagai kretaivitas muncul dari Jawa Barat. Mudah-mudahan 50 orang ini bisa lebih memberi warna,” lanjut Kadisparbud Jabar.

Sebelumnya ada kegiatan pembinaan kreativitas tari kontemporer yang berlangsung dari 27-29 Juni 2022. Pembinaan diberikan oleh pegiat seni tari dari ISBI Bandung, ISI Solo, serta Presiden Forum Kontemporer Indonesia.

Di hari pelaksaan pentas, 50 peserta dibagi menjadi 10 kelompok yang masing-masing berisi 5 orang. Dalam kesempatan ini seluruh peserta benar-benar memperlihatkan kreativitasnya hasil mengikuti pembinaan dan menjalani beberapa kali latihan.

“Kegiatan ini sebuah tonggak baru untuk mewujudkan kreativitas baru di Jawa Barat. Kami harap di tahun 2022 dan ke depan muncul koreografer muda di Jawa Barat yang mampu mengemas sajian tari yang menarik kaum milenial,” ujar Kadisparbud Jabar.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini, Disparbud Jabar mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Diharapkan West Java Contemporary Dance Festival dapat konsisten diselenggarakan setiap tahun.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas koreografer muda dalam proses penciptaan tari kontemporer yang berakar dari budaya Jawa Barat, sehingga karya tari yang dihasilkan para peserta lebih memiliki kekuatan, baik obyek formal maupun material,” ucap Kepala UPTD PKDJB Erick Henriana.