Enter your keyword

Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Hasil Revitalisasi Kawasan Wisata Situ Bagendit

Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Hasil Revitalisasi Kawasan Wisata Situ Bagendit

GARUT – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menghadiri peresmian hasil revitalisasi kawasan wisata Situ Bagendit Kabupaten Garut. Proses soft launching dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Senin 21 Agustus 2023.

Penataan Situ Bagendit merupakan instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo. Dengan anggaran Rp 87,73 miliar, Situ Bagendit akhirnya memiliki berbagai sarana prasarana seperti amphiteater, jembatan, jalur pedestrian, masjid, spot UMKM, hingga area bermain anak.

“Alhamdulillah kita hari ini melakukan soft launching yang sifatnya menunggu arahan dari Bapak Presiden Joko Widodo. Sebab ini proyek yang dihibahkan oleh presiden dan kalau beliau memang kesulitan waktu, tentunya hari ini menandai bahwa pengelolaan Situ Bagendit sudah bisa digunakan secara maksimal,” ucap Gubernur.

“Saya titip tiga hal yaitu kebersihan, ketertiban, dan pengelolaan. Jangan sampai dalam hitungan tahun, karena pengelolaannya kurang maksimal akhirnya kembali menjadi tempat yang kurang tertata. Kita selesaikan proses pengelolaan ini dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan yang ada,” tambahnya.

Ke depannya, Situ Bagendit diharapkan menjadi salah satu destinasi unggulan yang ada di Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut. Dengan begitu, akan timbul dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar yang menggantungkan hidupnya dari wisatawan yang berkunjung ke Situ Bagendit.

“Sebelumnya Situ Bagendit kurang terawat, tidak memberikan PAD (Pendapatan Asli Daerah), dan tidak mejadi kebanggaan. Tapi setelah ada Pak Gubernur (Ridwan Kamil), Situ Bagendit sekarang menjadi luar biasa,” ungkap Bupati Garut Rudy Gunawan.

Pada kesempatan ini, Gubernur ditemani sang istri Atalia Praratya beserta rombongan mencoba menaiki wahana perahu rakit yang menjadi ciri khas di Situ Bagendit. Selain itu Gubernur juga membagikan hadiah kepada masyarakat yang hadir dalam kegiatan soft launching.

 

Penulis: Bagusthira Evan Pratama

Peliput & Dokumentasi: Bayu Rizky Prahadian, Rizki Aulia Rachman

Kirim Pesan
Terima Kasih telah mengunjungi website kami, Anda dapat melihat keindahan Jawa Barat lainnya dengan mengunjungi Instagram : @disparbudjabar dan @smiling.westjava. Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut silahkan untuk menghubungi kami.