Enter your keyword

Bangun Inovasi Ruang Kreasi, Disparbud Jabar Siap Kolaborasi dengan M Bloc Space

Bangun Inovasi Ruang Kreasi, Disparbud Jabar Siap Kolaborasi dengan M Bloc Space

JAKARTA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat siap membangun kolaborasi untuk pengembangan ruang kreasi. Hal ini disebutkan Kepala Disparbud Jabar Benny Bachtiar saat melakukan kunjungan kerja ke M Bloc Space Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut Kadisparbud berdiskusi dengan Handoko Hendroyono, salah satu founder M Bloc Space. Dari diskusi tersebut, didapat sejumlah ide serta masukan yang bisa diadopsi untuk pengembangan ruang kreasi di Bogor, Cirebon, serta Purwakarta.

“Kami memiliki tiga aset eks Gedung Negara yang oleh Pak Gubernur ingin dibuat menjadi Creative Center. Kami diinstruksikan oleh Pak Gubernur untuk mengaktivasi Creative Center tersebut menjadi fungsi yang betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat. Kami ingin belajar banyak kepada Pak Handoko berkaitan dengan apa yang sudah dikelola oleh Pak Handoko,” ucap Kadisparbud.

“Area publik ini harus menjadi sebuah tempat yang mempresentasikan kebutuhan masyarakat terutama anak-anak muda. Karena kalau seandainya anak-anak muda ini tidak tersalurkan minat dan potensinya maka akan menjadi masalah sosial. Ini adalah area ekspresi yang bisa diberikan,” tambahnya.

Selain berdiskusi, Kadisparbud yang pada kesempatan ini didampingi Kepala Bidang Industri Pariwisata Rispiaga, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Achmad Haidar Setiawan, Kepala Bidang Kebudayaan Febiyani, Kepala UPTD PKDJB Erick Henriana, dan Kepala Seksi Atraksi Seni Budaya Iwan Gunawan juga diajak berkeliling melihat sejumlah titik yang sangat kreatif. Bahkan Kadisparbud terkesan dengan konsep bangunan tua yang disulap menjadi ruang publik serta ide brilian pengelola yang menjual produk-produk UMKM.

“Di sini ada simbiosis mutualisme yang sangat dibutuhkan. Kami berharap ini sangat penting sekali untuk bisa berkolaborasi,” ujar Kadisparbud.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPKAD Provinsi Jabar, Aris Dwi Subiantoro. Ke depannya, Kadisparbud mengundang pengelola M Bloc Space untuk berkunjung ke Jawa Barat dalam rangka menguatkan kolaborasi.

“Ini sangat menarik menurut saya. Apa yang digambarkan oleh Pak Handoko bisa memberikan semacam insight bagi kami. Di awal saya sudah sampaikan, kami ingin mengaktivasikan potensi-potensi yang kami miliki. Karena kami ditunjuk Pak Gubernur untuk mencari pengelola-pengelola yang professional yang bisa mengaktifkan aset tersebut dan memberikan manfaat bagi pemerintah maupun masyarakat,” ucap Kadisparbud.